Nasional

Terinspirasi Haul Guru Sekumpul, H Husin Ciptakan Lagu

apahabar.com, PARINGIN – Pelaksanaan Haul ke-15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, atau kerap dikenal Guru…

Featured-Image
Jutaan jemaah tumpah ruah di kawasan Sekumpul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan guna menghadiri Haul Akbar ke-15 KH Muhammad Zaini- akhir pekan kemarin. Foto-istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Pelaksanaan Haul ke-15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, atau kerap dikenal Guru Sekumpul yang berakhir tempo hari, masih menyimpan cerita.

Salah satunya dari Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Balangan, H Husin.

Kekagumannya terhadap sosok ulama asal Martapura, Kabupaten Banjar tersebut membuatnya tergugah bikin lagu.

Lagu itu diciptakan Husin terinspirasi oleh kharisma Abah Guru Sekumpul yang tak hanya menjangkau level umat muslim dalam negeri, tapi juga mancanegara.

Sehingga menurut wafatnya sosok Guru Sekumpul 15 tahun silam masih menyimpan kenangan yang selalu dirindukan bagi jutaan jemah.

Jadi wajar, kata H Husin, setiap tahunnya, hampir seluruh masyarakat di Kalsel tergerak untuk turut menjamu jemaah haul Guru Sekumpul.

Ribuan relawan beserta mereka hadir larut dalam tiap alunan dzikir serta syair shalawat kepada bagida Nabi Muhammad SAW, pada puncak acara haul digelar.

Terinspirasi dari semua itu, Husin pun menciptakan lagu berjudul Ziarah Abah Guru Sekumpul. Lagu itu berdurasi 6 menit 46 detik.

Dengan rasa cinta dan taqarrubnya kepada sosok Abah Guru Sekumpul yang dimuliakan Allah SWT, H Husin nyaris tak mengalami kendala dalam pembuatan lagu.

Bahkan, lagu itu selesai dalam tempo singkat, yakni dua hari.“Lagu Ziarah Abah Guru Sekumpul terinspirasi dari antusias masyarakat rela berkorban jiwa raga demi barakah Abah Guru,” ujar Husin yang juga sebagai Forsa Balangan.

img

Ketua Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Balangan, H Husin. Foto-Istimewa

Diakuinya selama membuat lagu, H Husin menilai karyanya ini termasuk paling cepat, karena saking begitu terasanya momen haul kemarin. Sehingga, tiap baik kata mengalir begitu saja.

Dia pun berharap, lagu ini bisa memberikan manfaat kepada semua pihak. Dan lebih pentingnya, tambah Husin, dapat menambah keimanan kepada Allah SWT.

“Semoga dengan lagu ini bisa menambah kecintaaan kita pada wali Allah Abah Guru Sekumpul dan mendapatkan barakah dalam kehidupan umat Islam untuk selalu menauladani sikap dan pribadi beliau,” tandas tokoh pendiri Kabupaten Balangan ini.

Berikut sebagian bait lagu yang diciptakan H Husin:

Menunaikan harta pergi ke SekumpulTuk ziarah makam Abah GuruTanamkan niat mu ikhlaskan hatimuSemoga berkah pada Wali Allah

Ya Allah ya Tuhan kuAku bersyukur karena rahmat MuYa Allah Maha KuasaKasih sayang Mu pada hamba MuAir mata mengalir saat di kubahnya (Guru Sekumpul)Aku berzikir bertahlil untuk Abah Guru

Muliakan Wali AllahRezki murah karena karamah muAmpunilah peziarahBerkat Abah Guru Sekumpul

Semoga kita ziarah lagiPanjang umur bertemu lagi

Inna aulia Allah la khaufun alaihimWalahum yah zanun

Baca Juga: Haul Abah Guru Sekumpul, Okupansi Hotel di Banjarbaru Melonjak 93,03 Persen

Baca Juga: Tuah Guru Sekumpul, Lion Air dan Garuda Kecipratan Cuan!

Reporter: Agus SuhadiEditor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner