Nasional

Ketika Jemaah Gresik Bertemu Shane Elson, Relawan asal Australia

apahabar.com, BANJARMASIN – Kaget, itu yang dirasa jemaah asal Gresik, Abdi Abidin ketika melihat seorang bule…

Featured-Image
Relawan Haul ke 15 Guru Sekumpul asal Australia, Shane Elson (tengah) dan Abdi Abidin serta rekannya jemaah dari Jawa Timur foto bersama. Foto-Abdi Abidin for apahabar.com.

bakabar.com, BANJARMASIN – Kaget, itu yang dirasa jemaah asal Gresik, Abdi Abidin ketika melihat seorang bule bertugas di acara Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, atau akrab dikenal Guru Sekumpul, Minggu (1/3) malam.

Benar, bule itu adalah Shane Elson asal Australia yang tinggal di Martapura beberapa tahun ini.

Shane rupanya kebagian tugas di kawasan utama acara haul, di Komplek Ar Raudhah. Dia berada tidak jauh dari musala yang dibangun Guru Sekumpul awal 1990-an itu.

Shane begitu mencolok di antara ribuan jemaah yang memenuhi kawasan dalam komplek Guru Sekumpul itu.
Mengenakan topi, kaus berlogo merek terkenal asal Jepang, celana panjang, dengan id card petugas menggantung di lehernya, Shane tidak seperti jemaah umumnya.

Wajahnya nampak berseri-seri melayani jemaah. Perbedaan keyakinan tak jadi penghalangnya dengan jemaah yang muslim untuk berbaur. Intinya kata Shane sesama manusia yang penting bermanfaat.

Shane memang dikenal dikalangan tokoh Sekumpul. Dia sudah lima tahun ini tinggal di Martapura, Kabupaten Banjar. Dia pula yang membantu PUPR Kabupaten Banjar, membuat drainase, seperti diberitakan bakabar.com sebelumnya.

Kehadiran Shane di acara haul kali ini, mendapat respon positif di antara 18.000 pembaca media online yang berkantor di Banjarmasin ini, hingga Minggu (1/3) kemarin. “Hallo mister,” sapa Abdi, saat melihat Shane.

Dijawab Shane dengan bahasa Indonesia, Abdi cukup kaget. Belakangan Abdi baru tahu, jika Shane sudah 9 tahun di Indonesia, dan setidaknya sudah 5 tahun lebih di Kabupaten Banjar.

Percakapan di antara keduanya pun makin cair. “Orangnya ramah, eh ternyata bisa bahasa Indonesia dan beda keyakinan lagi. Luar biasa, berkah Abah Guru Sekumpul,” kata Abdi kepada bakabar.com, Senin (2/3).

Merasa nyaman, Abdi pun memanfaatkan momentum langka ini untuk mengabadikannya dalam foto. Shane di ajak foto bersama. Dengan tersenyum, Shane pun melayaninya.

“Kebetulan juga ada jemaah yang saya kenal dari Jawa Timur, jadi lah saya ajak dia ikut berfoto seperti ini,” terang Abdi sembari menunjukkan fotonya bertiga dengan Shane.

Bagi Abdi, ini merupakan tahunnya yang kelima mengikuti Haul Guru Sekumpul. Abdi punya kenalan akrab dengan Urang Banjar. Khususnya yang pernah ikut ke Haul Habib Abu Bakkar Gresik. Kebetulan Abdi merupakan petugas haul di sana.

Abdi banyak mendapat kesan ketika mengikuti Haul Guru Sekumpul. Yang jadi catatannya, dan membuatnya kagum, jumlah relawan yang bertugas. Di sisi lain, pengelolaan panitia terhadap acara haul sebesar Guru Sekumpul.

Seperti petugas parkir, petugas posko dapur umum, dan tim kesehatan.

Tahun depan dia berencana untuk kembali hadir, dan selalu berharap bisa rutin. “Insya Allah mudah-mudahan berkahnya Habib Abu Bakar dan Abah Guru Sekumpul, semua hajat kita kabul,” tandas Abdi yang sebentar lagi memiliki anak tiga.

Baca Juga:Shane Elson Asal Australia Tergugah Jadi Relawan Haul Guru Sekumpul

Baca Juga:Berita Duka, 3 Jemaah Wafat Saat Haul Guru Sekumpul Ke-15

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner