Kalsel

Potret Kesibukan Jamaah Jelang Haul Guru Sekumpul

apahabar.com, MARTAPURA – Jamaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-15 berangsur berdatangan dari berbagai daerah Pulau Kalimantan….

Featured-Image
Jamaah salat Isya memenuhi Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Rabu (26/2). Foto-apahabar.com/hendra.

bakabar.com, MARTAPURA – Jamaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-15 berangsur berdatangan dari berbagai daerah Pulau Kalimantan.

Kondisi terkini, saat salat Isya tadi, Rabu (26/2), Musala Ar-Raudhah Sekumpul yang berkapasitas kurang lebih 7 ribu itu, sudah dipenuhi jamaah.

Bahkan sebagian jamaah laki-laki berada di luar musala. Sementara jamaah salat wanita semuanya berada di luar musala, yang tempatnya sudah disediakan.

Seusai salat Isya, baik jamaah laki-laki dan perempuan, banyak yang menuju Kubah Abah Guru Sekumpul untuk berziarah.

img

Usai salat Isya jamaah laki-laki memadati Kubah Abah Guru Sekumpul, Rabu (26/2). Foto-bakabar.com/hendra.

Baca Juga: Gratis! Paman Birin Bakal Bagikan Seribu Tumbler di Haul Sekumpul ke 15

Sementara di halaman depan Komplek Ar-Raudhah, para alim ulama termasuk orang-orang dekat Sekumpul, bersiap-siap menggelar salat Hajat berjamaah.

Terpantau banyak para relawan haul yang berhadir, juga beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Banjar, mulai dari camat hingga kepala SKPD.

Sementara kondisi di luar, tepatnya di Jalan Sekumpul, para relawan haul sibuk mengatur arus lalu lintas. Sebab para pengendara baik roda dua maupun roda empat, memadati Jalan Sekumpul.

Suasana berbeda di Simpang Empat Jalan Sekumpul-Tanjung Rema-Guntung Alaban. Di sana terpantau terjadi kemacetan. Para relawan harus bekerja lebih ekstra mengatur pengguna jalan.

img

Usai salat Isya, jamaah perempuan juga memadati Kubah Abah Guru Sekumpul, Rabu (26/2). Foto-bakabar.com/hendra.

Baca Juga: Sampah Pasca-Haul Diprediksi Sampai 700 Ton

Dari beberapa jamaah yang ditemuibakabar.com, ada yang berasal dari Kabupaten Batu Licin, Provinsi Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

“Kami sudah sampai ke sini sejak kemarin (Selasa). Rombongan keluarga,” ujar Erwin, warga Handil, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, kepadabakabar.comusai salat Isya.

“Kami tiap tahun ke acara haul,” sambung Erwin, menjelaskan jika ke acara Haul Abah Guru Sekumpul suka datang jauh-jauh hari sebelum acara haul.

Sementara salah satu relawan haul, H Fauzan Asniah mengungkapkan, jamaah sudah mulai terlihat signifikan memenuhi Sekumpul sejak Sabtu (22/2) kemarin.

img

Suasana akan melaksanakan salat Hajat berjamaah di halaman depan komplek Ar-Raudhah Sekumpul, Rabu (26/2). Foto-bakabar.com/hendra.

Baca Juga: Sukseskan Haul Sekumpul ke-15, PLN Perkuat Sistem Pengamanan Listrik

“Sejak Sabtu-Minggu kemarin jamaah sudah terlihat banyak berdatangan, dari berbagai daerah di Kalimantan,” turur Fauzan Asniah, sambil menunggu mulai salat Hajat.

Terkait salat Hajat itu sendiri, diungkapkan Fauzan, rutin dilaksanakan menjelang haul oleh para relawan.

“Jadi tiap posko, rata-rata mereka melaksanakan salat Hajat berjamaah, berdoa untuk kelancaran Haul Abah Guru Sekumpul,” ungkap Fauzan Asniah.

Ia menambahkan, semakin mendekati haul, wilayah Sekumpul makin dipadati jamaah yang terus bertambah

Haul Abah Guru Sekumpul bakal dilaksanakan dua hari, yakni Sabtu 29 Februari dan Minggu 1 Maret. Jamaah yang datang tahun ini diprediksi mencapai 2.5 juta.

img

Suasana Jalan Sekumpul mulai dipadati pengendara, Rabu (26/2). Foto-bakabar.com/hendra.

Baca Juga: Kabar dari HST, Gerakan Bersama untuk Kenyamanan Perjalanan Jamaah Haul Guru Sekumpul

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul, Satlantas Polres Banjarbaru Rancang Rekayasa Lalu Lintas

Reporter: Hendra LianorEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner