Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Gelar Rakor Pengawasan Suplai Pupuk dan Pestisida Bersubsidi

xapahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu melalui Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah menggelar rapat koordinasi (rakor) komisi…

Featured-Image
Pemkab Tanah Bumbu menggelar rakor pengawasan suplai pupuk dan pestisida bersubsidi, Kamis (27/02). Foto-Istimewa

xbakabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu melalui Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah menggelar rapat koordinasi (rakor) komisi pengawasan terkait penyuplaian pupuk dan pestisida bersubsidi.

Baca Juga: Kesbangpol Tanbu Bekali Ormas Tentang Tertibnya Administrasi

Rakor digelar di Ruang Rapat Bersujud, Kamis (27/02) merupakan upaya Pemkab Tanah Bumbu untuk menjamin pupuk bersubsidi tepat sasaran, serta melindungi konsumen atau para petani untuk memperoleh pupuk yang memang benar benar layak dan bukan pupuk palsu.

Sekretaris Tim Pengawas Pupuk dan Pestisida, Didi Ali Hamidi, mengatakan ada tiga agenda yang dibahas yakni membahas pemuktahiran updating data kebutuhan para petani dan kios-kios yang menjual pupuk dan petisida, baik itu pupuk subsidi maupun pupuk nonsubsidi.

Kemudian melakukan penjadwalan pengawasan terkait peredaran dan distribusi penyaluran pupuk secara berjenjang, baik itu di tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Terakhir adalah pengusulan pada APBD perubahan tahun 2020 untuk menganggarkan alat uji kandungan untuk pupuk dan pestisida.

“Ini dilakukan agar konsumen di Bumi Bersujud, khususnya petani terlindungi dari berbagai macam jenis pupuk dan pestisida palsu,” terang Didi Ali.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Lamijan, mengatakan melalui kegiatan rakor pengawasan pupuk dan pestisida diharapkan pendistribusian pupuk dan pestisida di Kabupaten Tanah Bumbu dapat berjalan dan tepat sasaran, tanpa adanya pupuk serta pestisida palsu.

“Melalui tim pengawas pemerintah daerah yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI, akan terus berkoordinasi melakukan pengawasan terhadap suplai pupuk dan pestisida bersubsidi kepada para petani di Tanah Bumbu,” ujarnya.

Karena menurut Lamijan, peningkatan produktivitas pangan di Tanah Bumbu juga bergantung pada hal tersebut.

Kegiatan rakor dihadiri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanah Bumbu, Kepolisian, TNI, serta penyuluh pertanian dan kelompok tani di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga: Pemkab Tanbu Tandatangani Komitmen Penerapan Sistem Informasi e-Kinerja

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner