Nasional

Malam Pertama Haul Guru Sekumpul, Martapura bak Lautan Manusia

apahabar.com, MARTAPURA – Malam pertama Haul ke-15 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah…

Featured-Image
Malam pertama Haul ke-15 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul berlangsung khidmat sekalipun kawasan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Sabtu (29/2) malam, tak ubahnya lautan manusia. apahabar.com/Hendra Lianoor

bakabar.com, MARTAPURA – Malam pertama Haul ke-15 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul berlangsung khidmat sekalipun kawasan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Sabtu (29/2) malam, tak ubahnya lautan manusia.

Haul yang terbuka untuk umum ini bertempat di Kubah Abah Guru Sekumpul. Dimulai seusai salat magrib lalu disambung setelah isya, hingga selesai sekitar pukul 21.40 tadi.

Meskipun kondisi cuaca berawan dengan suhu kurang lebih 26 derajat celcius, tak sedikitpun mengganggu kekhidmatan jemaah mengikuti haul.

Haul dipimpin Imam Musala Ar-Raudah KH Sa’aduddin Salman didampingi dua putra Abah Guru Sekumpul yaitu Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali. Banyak ulama, habaib, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya yang hadir di kubah.

Setidaknya ada 20 videotron yang dipasang di berbagai titik, sementara layar lebar tak terhitung jumlahnya, untuk menampilkan acara haul secara live.

Pantauan bakabar.com, jemaah paling paling jauh menduduki Alun-alun Ratu Zalecha Martapura. Di sana ada ribuan jamaah yang mengikuti acara haul.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi berapa jemaah yang hadir pada haul pertama ini. Namun, puncak kedatangan jamaah haul diperkirakan terjadi pada malam esok, Minggu (1/3).

Di lain sisi, puluhan ribu relawan bekerja secara terstruktur. Data terakhir jumlah relawan baik dari instansi dan masyarakat berjumlah 26.431 orang.

Jumlah itu belum termasuk relawan dapur, posko singgah, dermaga singgah, penginapan gratis sereta simpatisan yang berada di posko.

Selesai haulan, para jemaah membubarkan diri secara teratur, dan berangsur meninggalkan kawasan Sekumpul ke tempat penginapan masing-masing.

Sementara petugas dan para relawan masih sibuk dengan tugas masing-masing. Pantauan bakabar.com dari Posko Media Center, beberapa kali mobil ambulans melintas membawa pasien sakit.

Sementara dari Posko Induk, tak jarang suara pengumuman dari relawan terkait barang tercecer atau jemaah yang terpisah dari rombongan.

Pada malam sebelumnya, Jumat (28/2), acara haul digelar di rumah Abah Guru Sekumpul. Namun haul tersebut digelar secara terbatas. Hanya untuk undangan khusus. Kendati demikian jemaah umum masih bisa menyaksikan secara live melalui layar lebar.

img

Malam pertama Haul ke-15 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul berlangsung khidmat sekalipun kawasan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Sabtu (29/2) malam, tak ubahnya lautan manusia. bakabar.com/Hendra Lianoor

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul, Ratusan Warga Jejali Rumah Bupati Tapin

Baca Juga:Niat Balik, Jemaah Perempuan Haul Guru Sekumpul Patah Kaki

Reporter: Hendra LianorEditor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner