Kalsel

Kabar dari HST, Gerakan Bersama untuk Kenyamanan Perjalanan Jamaah Haul Guru Sekumpul

apahabar.com, BARABAI – Tak hanya TNI dan Polri, masyarakat pun peduli dengan momen Haul Guru Sekumpul….

Featured-Image
Gepak bersama TNI dan Polri serta masyarakat bahu membahu menambal jalan berlubang di ruas jalan A Yani Desa Sungai Rangas, LAS, Rabu (26/2). Foto-Maskuri for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI - Tak hanya TNI dan Polri, masyarakat pun peduli dengan momen Haul Guru Sekumpul. Termasuk Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) Hulu Sungai Tengah (HST).

Mulai dari mendirikan rest area, menambal jalan hingga memberikan makanan dan minuman gratis bagi jamaah yang melintasi, Gepak HST ikut berpartisipasi.

Seperti di Desa Sungai Rangas Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS). Tidak hanya Gepak, TNI dan Polri, masyarakat pun turut serta turun ke jalan untuk menambal ruas jalan A Yani yang berlubang.

Sepanjang 6 kilometer atau dari Desa Durian Gantang hingga pusat Kecamatan LAS, Pantai Hambawang yang terdapat lubang yang telah ditambal, Rabu (26/2).

“Kami bersama masyarakat dan anggota juga menambal jalan dengan tujuan memberi kenyamanan dan kelancaran perjalanan para jamaah haul Guru Sekumpul,” kata Ketua Gepak sekaligus Kepala Desa Sungai Rangas, Ahmad Gajali.

Anggota Kodim 1002 Barabai, Serma Nurhadi mengatakan penambalan jalan menggunakan adukan semen dan pasir. “Sementara menunggu pemerintah memperbaiki, kita tambal dulu. Semoga bertahan sampai waktunya nanti,” ujar Nurhadi.

Terpisah, warga di Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) bersama anggota Kodim dan juga Polres mendirikan rest area di Desa Sungai Buluh RT 5 dengan swadaya masyarakat setempat.

Di rest area itu disediakan berbagai minuman dan makanan gratis.

“Semua gratis. Bagi para jamaah haul Guru Sekumpul yang akan beristirahat, kami siapkan tempat beristirahat, tempat salat dan MCK,” kata Babinsa Kodim 1002, Sertu H Saipul Fadillah.

Dia berharap bagi para jamaah haul yang datang dari Hulu Sungai Utara (HSU) atau pun dari Kalimantan Tengah (Kalteng), dapat singgah untuk melepas lelah.

Di lain tempat, warga Desa Mandingin, Kecamatan Barabai juga mendirikan rest area. Tepatnya di Masjid Al Islah.

Polres HST melalui Bhabinkamtibmas, Aiptu Nanang menyerahkan sumbangan untuk keperluan dapur dari panitia rest area di sana.

Adapun sumbangan yang diberikan Nanang secara pribadi yakni, 2 karung beras.

Kapolres, AKBP Danang Widaryanto melalui Ps Paur Subag Humas Polres HST, Aipda M Husaini menyebut Bhabinkamtibmas ujung tombak pemeliharaan Kamtibmas yang langsung bersentuhan masyarakat.

“Diharapkan untuk selalu hadir di tengah masyarakat. Baik sebagai mediator, fasilitator dan motor penggerak kegiatan di masyarakat dalam hal pemeliharaan Kamtibmas,” tutup Husaini.

Baca Juga:Demi Guru Sekumpul, Kapolres Kotabaru Sediakan Dua Bus untuk Jemaah

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul, Satlantas Polres Banjarbaru Rancang Rekayasa Lalu Lintas

Baca Juga: Sukseskan Haul Sekumpul ke-15, PLN Perkuat Sistem Pengamanan Listrik

Baca Juga: Sampah Pasca-Haul Diprediksi Sampai 700 Ton

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner