Kalsel

HPN 2020 di Kalsel; Sejarah Media Dikenalkan Lewat Expo Media Pers

apahabar.com, BANJARMASIN – Menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan, panitia HPN menginisiasi sebuah…

Featured-Image
Wakil Gubernur Rudy Resnawan saat meninjau salah satu stand Media Nasional Antara di Expo Media Pers, Jumat (7/2) di Siring 0 Kilometer. Foto-apahabar.com/ Ahya Firmansyah

bakabar.com, BANJARMASIN - Menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan, panitia HPN menginisiasi sebuah Expo Media Pers yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang sejarah perkembangan media pers yang ada di Indonesia.

Bertempat di Taman Siring Nol Kilometer Banjarmasin, masyarakat ditunjukkan perkembangan media mainstream dulu hingga era digitalisasi saat ini.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan pada Jumat (7/2). Tak hanya stand media, puluhan stand dari berbagai UMKM serta instansi pemerintahan berkolaborasi dengan insan pers dan masyarakat dalam mewarnai pembangunan daerah.

Rudy Resnawan mengatakan, melalui momentum ini diharapkan memberi dampak terhadap peningkatan usaha kecil di banua.

"Expo hari ini akan jadi manfaat bagi pembangunan daerah. Di media, kita lihat perkembangan sedemikian rupa, dan bagaimana kemajuannya. Di sini bisa interaksi pengusaha UMKM, pers jurnalis, dengan harapan bisa berkolaborasi meningkatkan perkembangan UMKM di banua," ujarnya.

Rudy Resnawan pun mengungkapkan rasa kagumnya melihat perkembangan Media yang sangat pesat.

“Kita melihat ini kemajuan Pers nasional kita.Dari yang tadinya jadul akhirnya luar biasa. Jadi begitu cepat, mengikuti perkembangan teknologi,” sebutnya.

Sementara, Ketua Bidang Pameran HPN Pusat, Adhy Trisnanto memberikan apresiasinya atas berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HPN 2020.

"Tujuannya penguatan peran pers dalam berkehidupan bernegara. Itu yang masih relevan dengan tantangan zaman saat ini. HPN luar biasa. Kegiatan yang dilakukan sangat banyak dan di tempat yang berbeda. Itu keunggulan HPN ini," ujar Adhy.

Menurut Adhy, sebagai tuan rumah HPN kali ini, Kalimantan Selatan dinilai berhasil menjadi tuan rumah.

"Kita berusaha menggerakkan masyarakat luas agar memahami lebih jauh profesi jurnalis, tidak akan pernah pudar dan akan selalu dibutuhkan. Bagaimana Kalsel sama keragaman HPN sudah terjadi di daerah lain. Saya kira Kalsel siap dan membuktikan jadi tuan rumah yang baik," imbuhnya.

Pada Expo Media Pers, tak cuma stand Media nasional dan lokal, di sisi lain panitia juga menunjukkan “Refleksi Kalsel” melalui jepretan foto hasil karya para wartawan dari masa ke masa yang menunjukkan sejarah perjalanan liputan wartawan di Kalsel.

img

Foto-bakabar.com/Ahya Firmansyah

Baca Juga: Momen HPN, Pewarta Foto Indonesia Tampilkan Fakta Visual Kalsel

Baca Juga: HPN 2020 Kalsel, M Nuh: Wartawan Dituntut Miliki Keahlian Khusus

Reporter: Ahya FirmansyahEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner