Pemprov Kalsel

Gratis! Paman Birin Bakal Bagikan Seribu Tumbler di Haul Sekumpul ke 15

apahabar.com, MARTAPURA – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor akan membagikan seribu tumbler gratis bagi jemaah…

Featured-Image
Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana bersama Kepala DLH Banjar, Boyke W Tristiyanto menunjukkan tumbler yang akan dibagikan saat haul Abah Guru Sekumpul ke 15. Foto-apahabar.com/Musnita sari

bakabar.com, MARTAPURA – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor akan membagikan seribu tumbler gratis bagi jemaah haul Guru Sekumpul ke 15 nanti. Sayangnya, Kabupaten Banjar selaku tuan rumah belum bisa memberikan bantuan yang sama untuk pelaksanaan haul tahun ini.

“Untuk tahun ini Kabupaten Banjar belum bisa membantu penyediaan tumbler. Mudah-mudahan tahun depan bisa,” ucap Kepala DLH Banjar, Boyke W Tristiyanto saat ditemui di sela aksi bersih-bersih di RTH Demang Leman Martapira, Rabu (26/2).

Tumbler akan dibagikan pada saat pelaksanaan haul nanti. Angka tersebut memang tidak sebanding dengan jumlah jemaah yang diperkirakan mencapai dua juta orang.

“Belum berimbang. Saya dengan, Dinas LH Kab Tapin juga menyediakan seribu Tumbler. Untuk jemaah yang melewati kantor LH, jangan ragu untuk mampir ke sana,” jelasnya.

img

Pembagian botol minum ini dilakukan guna mengurangi sampah plastik pasca haul nanti. Rencananya DLH Kalsel akan menempatkan 14 titik pembagian Tumbler di luar area Sekumpul, seperti di Kantor Inspektorat, Kantor LH, Simpang 3 Sekumpul Ujung, Gunung Ronggeng dan titik lainnya.

“Kebanyakan di luar, jadi sebelum bisa masuk isi ulang. Kita imbau kepada masyarakat, pengusaha-pengusaha air isi ulang tolong dibantu jemaah yang kehabisan airnya,” imbaunya

Pemakaian Tumbler ini hanya sebatas imbauan, bukan untuk melarang konsumsi air minum dalam kemasan. Imbauan ini dilakukan agar pemilahan sampah pasca haul menjadi lebih mudah.

“Sampah kita pilah antara organik dan anorganik. Supaya apabila selanjutnya diproses, sampah tidak tercampur dan mudah dibersihkan,” jelasnya

Penyerahan seribu Tumbler dilakukan secara simbolis oleh Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana kepada Kepala DLH Banjar, Boyke W Tristiyanto.

Gubernur, kata Hanifah, menginginkan masyarakat Kalsel untuk dapat menerapkan penggunaan tumbler sebagai gaya hidup.

“Di mana-mana tidak malu membawa tumbler. Secara tidak langsung kita mengurangi penggunaan dan pengurangan sampah plastik,” timpal Hanifah

Tak hanya masyarakat, Gubernur juga telah mengadvokasi seluruh SKPD di lingkup jajaran Pemprov Kalsel untuk menerapkan penggunaan tumbler.

“Bukan untuk gaya-gaya atau apa, ini tujuan utamanya kita mengurangi sampah plastik,” tutup dia.

Baca Juga:Jelang Haul Guru Sekumpul, Ratusan ASN Pemprov Kalsel Jadi Petugas Kebersihan

Reporter: Musnita SariEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner