Kalsel

TNI AL di Kotabaru Kenang Kembali Pertempuran Laut Paling Heroik di Indonesia

apahabar.com, KOTABARU –  Setiap tanggal 15 Januari Pangkalan TNI AL memperingati Hari Dharma Samudera, sebagai bentuk…

Featured-Image
Memperingati Hari Dharma Samudera Danlanal, bersama Forkopimda tabur bunga di laut. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Setiap tanggal 15 Januari Pangkalan TNI AL memperingati Hari Dharma Samudera, sebagai bentuk peringatan atau mengenang kembali peristiwa pertempuran laut paling heroik untuk bangsa di tahun 1962 silam.

Jajaran TNI AL di Kotabaru menggelar peringatan serupa dengan melaksanakan upacara di kawasanPangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Stagen, Rabu (15/1).

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Aji yang disampaikan Danlanal Guruh Dwi Yudhanto,peringatan Hari Dharma Samudera yang merupakan sejarah pertempuran laut paling heroik dilaksanakan secara tahunan oleh TNI AL.

Peringatan ini bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan laut yang gugur dalam pertempuran-pertempuran di laut.

Diantaranya, pertempuran di Selat Bali, pertempuran laut Sapudi, pertempuran laut Cirebon, pertempuran Teluk Sibolga, dan pertempuran Laut Aru.

Di tahun 1962 silam, merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari terbaik dalam mempertahankan Negara di Laut, dalam pertempuran tersebut gugur Komodor Yos Soedarso dan tenggelamnya KRI Macan Tutul.

Danlanal menambahkan, peringatan dilaksanakan di PPI Kotabaruagar semangat heroisme berjuang demi Bangsa dan Negara bisa juga membangkitkan semangat masyarakat khususnya masyarakat maritim.

“Semoga saja dengan peringatan ini dapat membangkitkan semangat masyarakat maritim kita di wilayah Kotabaru,” pungkasnya.

Sementara, kegiatan diakhiri dengan tabur bunga di perairan Selat Laut Kotabaru menggunakan KAL Kelambau II-13-49.

Tutut hadir dalam kegiatan itu,Kapolres, Dandim, Sekda serta Kajari Kotabaru.

Baca Juga: Diperiksa Polisi, Wartawan Banjarhits.id Dicecar Belasan Pertanyaan

Baca Juga: Karena IPK, 2 Wisudawati Uniska Banjarmasin Diganjar Umrah

Reporter: Masduki
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner