Kalsel

Aksi Heroik Petugas BPBD Banjarmasin, Selamatkan Kucing Terjebak di Flyover

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak selalu kejadian bencana yang ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin….

Featured-Image
Petugas saat mengevakuasi seekor kucing yang terjebak di flyover. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Tak selalu kejadian bencana yang ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin. Bahkan demi menyelamatkan seekor anak kucing pun turut dilakoni para petugas penyelamat tersebut.

Peristiwa langka itu terekam saat Tim Rescue dan Reaksi Cepat BPBD Banjarmasin menangani evakuasi kucing yang terjebak di lorong sempit flyover di Jalan Ahmad Yani Km 4, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Jumat (3/1) malam.

“Kali ini, Tim Reaksi Cepat BPBD Banjarmasin menangani evakuasi kucing yang terjebak di ketinggian flyover,” kata petugas lapangan BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi.

Kepada bakabar.com, Sabtu (4/1) dini hari, Hanafi mengatakan peristiwa itu berawal dari laporan masyarakat setempat pecinta kucing. Anak kucing tersebut tak bisa turun lantaran terjebak di lorong sempit jembatan flyover.

“Anggota Feeder Cat Banjarmasin melaporkan ada kucing terjebak di flyover. Mereka minta dievakuasi, yang mana langsung direspon oleh regu II piket siaga BPBD kota Banjarmasin,” tuturnya.

Aksi menyelamatkan seekor anak kucing yang terjebak itu menurut Hanafi dibutuhkan persiapan khusus. Seperti menyiapkan tangga darurat, senter dan tongkat.

Di lapangan, tak hanya tim Rescue dan Reaksi Cepat saja yang melakukan evakuasi, namun petugas Damkar Pemko Banjarmasin, Feeder Cat Banjarmasin, Rescue 911, BPK Putera Daha serta Swadek Rescue pun juga terlihat turun tangan untuk membantu.

“Segala upaya dikerahkan untuk menyelamatkan kucing malang tersebut. Bahkan di awal-awal, kucing itu sempat sembunyi saat akan dievakuasi, mungkin ketakutan melihat banyaknya petugas,” seloroh Hanafi.

Dua jam berlalu, aksi heroik petugas penyelamat itu pun berakhir meski si kucing tampak letih saat berhasil diselamatkan. Namun suara ‘meong’ mengiringi proses evakuasi itu, menandakan si kucing baik-baik saja.

img

Kucing telah berhasil dievakuasi. Foto-Istimewa

“Alhamdulillah, Meski membutuhkan tenaga ekstra dan memakan waktu yang tidak sebentar, anak kucing berhasil diselamatkan tepat pukul 00.34 wita. Kucing tak mengalami luka, anak kucing tersebut masih bisa bergerak dengan baik. Petugas balik kanan,” pangkas hanafi sembari tertawa puas.

Baca Juga: Tangerang Diterjang Banjir, BPBD Fokus Evakuasi Warga

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, BPBD Banjarmasin Malah Terima 'Order' Evakuasi Sarang Tawon

Reporter: Eddy AndriyantoEditor: Syarif

Komentar
Banner
Banner