Kalsel

Terminal Baru Syamsudin Noor Segera Beroperasi, Maskapai Asing Masih Tanda Tanya

apahabar.com, BANJARBARU – Tinggal hitungan hari, terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai beroperasi. Namun hingga…

Featured-Image
Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Foto-Instagram

bakabar.com, BANJARBARU – Tinggal hitungan hari, terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai beroperasi. Namun hingga kini, belum ada satu pun maskapai asing yang memastikan membuka rute penerbangan dari dan menuju Banjarmasin.

Sebelumnya sempat terdengar jika maskapai asal Malaysia, Air Asia berminat membuka penerbangan internasional.

Hal itu diakui GM Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor BDJ melalui Communication and Legal Section Head, Aditya Putra Patria.

Sayangnya, hingga kini belum ada kabar resmi dari kedua pihak untuk melayani penerbangan internasional.

“Sampai saat ini belum ada kelanjutannya untuk itu,” kata Aditya kepada bakabar.com, Jumat (6/12).

Meski demikian, kata Adit mengungkapkan maskapai lokal sepeti Lion Air telah melayani penerbangan internasional Banjarmasin-Jeddah. Khususnya untuk penerbangan jemaah umrah. "Untuk penerbangan internasional, sebenarnya kita sudah melayani penerbangan umrah Lion Air, direct ke Jeddah," ungkapnya.

Bandara kebanggaan masyarakat Kalsel ini sendiri telah menyandang status bandara internasional sejak September 2019 tadi. Sementara, penggunaan terminal baru Syamsudin Noor dimulai 10 Desember nanti.

Persiapan pengoperasian terminal baru bandara dikatakannya sudah sangat siap.

“Kita sudah siap dalam hal pemenuhan fasilitas dan pemenuhan keamanan di bandaranya juga sudah disiapkan,” terang Aditya.

Pada malam menjelang puncak pengoperasian bandara, pihaknya akan melakukan pindahan atau operasi boyong.

“Nanti puncaknya tanggal 9 sehabis penerbangan terakhir, itu kita pindahan dari bandara lama ke bandara baru itu mindahin beberapa fasilitas,” jelasnya.

Untuk peresmian terminal baru bandara internasional Syamsudin Noor nanti, pihaknya berhadap akan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Jokowi Widodo.

“Ini kita masih belum dapat konfirmasi dari protokolernya, kita juga masih melihat perkembangan lebih lanjut. Jadi saya tidak berani pastikan,” ungkapnya.

Meski begitu, Aditya optimis, pengoperasian terminal baru Bandara Syamsudin Noor yang ditandai dengan soft opening ini, dapat terlaksana pada Selasa (10/12) mendatang.

Untuk diketahui, terminal baru ini memiliki sisi modern melalui peralatan mutakhir di dalamnya. Dengan luas 77.562 m2, terminal baru ini mampu menampung 7 juta penumpang per tahun ini.

Disisi lain, terminal baru juga dilengkapi fasilitas berupa 5 garbarata (aviobridge), 52 check-In counter, den 3 baggage conveyor disiapkan untuk semakin menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang.

Selain itu, tersedia area parkir seluas 34.360 m2 yang mampu menampung 1.521 kendaraan roda empat dan 720 kendaraan roda dua.

Terpenting, PT Angkasa Pura I juga telah menyiapkan jalur khusus untuk memudahkan akses menuju ke terminal baru Bandara Syamsuddin Noor.

Dari arah Banjarmasin, ada dua jalur yang dapat menjadi pilihan masyarakat. Pertama, melewati Jalan Gubernur Sarkawi-Jalan Pelita 5-Jalan Golf-Jalan Lingkar Utara dan sampai ke Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor.

Lalu yang kedua, masyarakat dapat melalui Jalan Ahmad Yani-Jalan Golf-Jalan Lingkar Utara sampai Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor.

Kemudian untuk mereka yang dari arah Banjarbaru juga memiliki dua pilihan jalur. Jalur pertama dari titik Balai Kota Banjarbaru di Jalan Panglima Batur-Jalan Barjad-Jalan Karang Anyar 1-Jalan Andil Gotong Royong-Jalan Lingkar Utara dan sampai ke Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor.

Atau jalur kedua dari Simpang 4 Banjarbaru menuju Jalan Ahmad Yani-Jalan Kebun Karet-Jalan Karang Anyar 1-Jalan Andil Gotong Royong-Jalan Lingkar Utara dan sampai ke Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor.

Baca Juga:Ruas Jalan Menuju Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Dipastikan Selesai

Baca Juga:Dibuka 10 Desember, Berikut Rute Masuk Terminal Baru Bandara Syamsuddin Noor

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Tags
Kalsel


Komentar
Banner
Banner