Sport

Tekuk Arema FC, Barito Putera Menutup Liga 1 di Peringkat 13

apahabar.com, MARTAPURA – Tiga gol menghiasi kemenangan Barito Putera atas Arema FC di Stadion Demang Lehman,…

Featured-Image
Selebrasi Rizky Rizaldi Pora, Rafael Silva dan Francesco Torres dalam kemenangan Barito Putera atas Arema. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Tiga gol menghiasi kemenangan Barito Putera atas Arema FC di Stadion Demang Lehman, Minggu (22/12) sore.

Barito tampil nyaris dengan kekuatan utama di partai yang sebenarnya tak menentukan apapun. Bedanya Muhammad Riyandi diplot sebagai kiper utama menggantikan Adhitya Harlan.

Tempo permainan di menit-menit awal berlangsung dalam tempo sedang. Barito yang bermain agresif, sudah memiliki peluang.

Hanya usaha Rafael Silva dan Francesco Torres masih melebar dari sasaran, sementara tembakan Yakob Sayuri berhasil dimentahkan Utam Rusdiana.

Arema berusaha membalas dengan peragaan serangan balik cepat. Tetapi usaha Takafumi dan Makan Konate juga mudah diamankan Riyandi.

Kebuntuan pecah di menit 19. Sepakan Rafael berhasil ditepis Utam, tetapi bola liar langsung ditanduk Yakob yang berdiri tidak terkawal.

Memasuki babak kedua, Barito langsung menggebrak melalui akselerasi Rafael Silva di menit 46. Menusuk ke kotak penalti dari kiri, sepakan Rafael masih melambung.

Selanjutnya Barito lebih banyak menguasai bola dan memainkan umpan-umpan pendek. Namun peluang lain di menit 61 datang dari tendangan bebas Bayu Pradana.

Arema sebenarnya memiliki peluang bagus di 73, ketika umpan silang Ridwan Tawainella langsung berbelok menuju gawang. Untuk Muhammad Riyandi masih bisa menangkap bola.

Dari situasi tersebut, Barito langsung menyerang balik. Bola dikuasai Rafael di kanan hingga masuk kotak penalti. Kemudian si kulit bundar dioper ke depan gawang dan berhasil disontek Rizky Rizaldi Pora menjadi gol.

Tertinggal dua gol, Arema justru kehilangan seorang pemain. Ridwan menerima kartu merah langsung di menit 80, karena menjegal Kozuke Uchida.

Imbasnya di menit 90+1, Barito menambah keunggulan, juga melalui serangan balik. Bola umpan jauh yang dikuasai Francisco Torres di kiri lapangan, dibawa masuk ke sepertiga akhir Arema.

Lantas bola diumpan ke tengah dan dikuasai Rafael. Meski dikawal Hanif Sjahbandi, Rafael berhasil lolos. Selanjutnya striker yang diisukan segera hengkang itu melepas sepakan mendatar akurat ke kiri gawang.

Tak lama kemudian, pertandingan pun berakhir. Barito memenangi partai terakhir Liga 1 2019, sekaligus menutup musim di peringkat 13 dengan 43 poin.

Susunan Pemain:

Barito Putera (4-3-3)
Muhammad Riyandi; Gavin Kwan, Dandi Maulana, Cassio de Jesus, Rony Beroperay; Bayu Pradana, Kosuke Uchida (Paulo Sitanggang ’83), Yakob Sayuri (Samsul Arif ’68); Rafael Silva, Rizky Rizaldi Pora (Ferdiansyah ’78), Fransisco Torres

Arema (4-2-3-1)
Utam Rusdiana; Ridwan Tawainella, Ikhfanul Alam, Ahmad Alfarizi; Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi; Takafumi Akahoshi (Rivaldi Bawuo ’44), Nasir (Ahmad Nur Hardianto ’74), Dendi Santoso, Makan Konate (Vikrian Fathoni ’81), Muhammad Rafli

Baca Juga:Semen Padang Keok, Barito Putera Bertahan di Liga 1

Baca Juga:4 Pemuda Kalsel Lolos Seleksi MMA

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner