Kalsel

Struktur Organisasi Resmi Berubah di 2020

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Banjarmasin resmi diubah menjadi Bagian Protokol dan…

Featured-Image
Wakil Wali kota Banjarmasin Hermansyah menyerahkan secara simbolis Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 kepada Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Banjarmasin, Yusna Irawan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Banjarmasin resmi diubah menjadi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan untuk tahun 2020.

Perubahan secara struktural saat ini masih belum dilakukan, namun persiapan atas rencana perubahan nomenklatur itu telah dipersiapan jajaran Pemko Banjarmasin.

Seperti terlihat di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah kepada Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Banjarmasin, Yusna Irawan, di mana pada cover depannya bertuliskan "Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan".

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menjelaskan, tentang rencana perubahan struktur organisasi di lingkungan Pemko Banjarmasin tersebut. Katanya, perubahan struktur organisasi itu akan diiringi pula dengan pelantikan yang direncanakan akan dilaksanakan di awal tahun 2020 nanti.

"Kita akan melakukan pelantikan untuk mengisi struktur baru mengisi kekosongan yang ada, termasuk juga struktur yang sebetulnya tidak berubah, tetapi karena ada perubahan nomenklatur sehingga harus juga dilantik," jelasnya pada jumpa pers, Senin (30/12) pagi.

Selain penyerahan DPA, kegiatan itu juga rangkai dengan pemberian penghargaan terbaik kepada bendahara pengeluaran SKPD, verifikator SKPD, pengurus barang SKPD, dan Penyusun Laporan Keuangan SKPD.

Sementara itu, Wakiil Wali Kota Hermansyah menegaskan, seluruh SKPD lingkup Pemko Banjarmasin harus bisa berkerjasama untuk membangun Kota Banjarmasin.

Penyusunan penyusunan APBD tahun anggaran 2020, jelasnya, telah melalui tahapan dan proses serta telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2020.

"Saya ingin sinergisitas SKPD dalam hal perencanaan, penganggaran dan pengawasan harus lebih ditingkatkan, sehingga pelaksanaan kegiatan betul-betul tersusun dengan baik dan benar," ujarnya.

Di tahun 2020, jumlah DPA yang diserahkan sebanyak 1.222, terdiri dari, DPA pendapatan, 12 dokumen. DPA Belanja tidak langsung, 34 dokumen. DPA belanja langsung,1.175 dokumen dan DPA pembiayaan, 1 dokumen. Dengan nilai untuk Pendapatan Daerah sebesar Rp1.731.285.301.143,-. Belanja Daerah sebesar Rp2.066.777.302.763,-. Pembiayaan Daerah, Rp 335.392.001.630,-.

Menyinggung tentang penyerahan penghargaan, Hermansyah kembali menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan sebagai salah satu bentuk reward dari Pemerintah Daerah kepada SKPD dalam melakukan pengelelolaan keuangan di lingkungan SKPD masing-masing.

Pemberian anugerah tersebut, bebernya, sudah melalui tahapan-tahapan seleksi berdasarkan kriteria dan aturan sesuai Peraturan Kementerian Keuangan dan Kementrian Dalam Negeri, serta dengan ketentuan hasil audit dari BPK RI.

"Penganugerahan terbaik pada SKPD tersebut merupakan upaya Badan Keuangan Daerah dalam memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap penciptaan SDM unggul bagi Banjarmasin maju," ucapnya.

Dari pantauan bakabar.com, ada 4 instansi dan satu bagian yang menerima secara simbolis DPA tahun anggaran 2020, di antaranya; Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Sedangkan untuk Bendaharawan Terbaik yang menerima penghargaan antara lain, Riza Gunawan, terbaik 1 dari Dinas Pendidikan. Diyan Maya, terbaik 2 dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan. M Junaidi, terbaik 3 dari Kecamatan Banjarmasin Timur.

Baca Juga: Bongkar Perampokan Alfamart, Tim Jatanras Banjarmasin Diganjar Hadiah

Baca Juga: Plafon Bandara Ambyar, Vice President AP I Buka Suara

Baca Juga: Di Birayang, Wabup Berry Singgung Faktor Penentu Pemerintahan Desa

Baca Juga: Kampung Gadang Membara, Empat Rumah Diamuk Api

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner