Pemkab Balangan

Selama 2019, 12 Warga Balangan Positif HIV

apahabar.com, PARINGIN – Masalah HIV/AIDS menjadi perhatian serius Pemkab Balangan. Sejak 2016, Dinas Kesehatan mencatat ada…

Featured-Image
ilustrasi HIV/AIDS. Foto-Sultimnees.id

bakabar.com, PARINGIN – Masalah HIV/AIDS menjadi perhatian serius Pemkab Balangan.

Sejak 2016, Dinas Kesehatan mencatat ada 28 kasus HIV/AIDS terjadi di Balangan. Namun, selama 2019 saja, ada 12 orang yang positif terinfeksi HIV.

“Di Kabupaten Balangan sekarang ini terdapat 28 penderita HIV/AIDS dan ditambah 3 orang yang masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. Namun, hanya 11 orang yang mau diobati,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Erwan, saat memperingati Hari AIDS Sedunia 2019 di Kecamatan Paringin, Rabu (18/12).

Untuk meminimalkan penyebaran HIV/AIDS, Pemkab Balangan sudah melakukan berbagai upaya. Di antaranya melakukan penyuluhan ke sekolah, melakukan pemeriksaan kepada ASN, dan menggelar pemeriksaan saat Balangan Expo 2019.

“Karena bahayanya HIV/AIDS ini dapat menyerang siapa saja tanpa kecuali,” katanya.

Asisten II Pemkab Balangan, H. Husaini, mengungkapkan penyakit HIV/AIDS bukan semata-mata persoalan kesehatan, melainkan juga masalah sosial. Bahkan, seringkali juga menjadi masalah moral dan akhlak.

“Pada kesempatan ini saya ingin sampaikan kepada semua pihak dan kalangan masyarakat bahwa berikanlah semua pihak pemahaman terkait penyakit itu. Cara tersebut dapat mengurangi penularan HIV/AIDS,” pungkasnya.

Baca Juga: Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Inspektorat Balangan Gelar Rakor

Baca Juga: ASN Balangan Diminta Utamakan Kepentingan Masyarakat

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner