Kalsel

Polres Balangan Tekan Tindak Pidana 4 Persen Selama 2019

apahabar.com, PARINGIN – Di penghujung tahun 2019, Polres Balangan menutup kinerjanya dengan keberhasilan menekan angka kejahatan…

Featured-Image
Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, mengungkapkan tingkat kesuksesan pihaknya selama 2019 pada konferensi pers belum lama ini. Foto-istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Di penghujung tahun 2019, Polres Balangan menutup kinerjanya dengan keberhasilan menekan angka kejahatan hingga 4 persen.

Keberhasilan itu didapat dari data tindak pidana yang terjadi pada tahun 2018 sebanyak 235 kasus, sedangkan pada tahun 2019 terjadi 224 kasus.

Pada tahun 2019 ini, tindak pidana didominasi oleh tindak pidana ringan (Tipiring) dan narkoba, Tipiring sebanyak 64 kasus dan narkoba sebanyak 42 kasus, sisanya tindak pidana umum yaitu pencurian dengan pemberatan (Curat) 18 kasus dan kepemilikan senjata tajam (Sajam) 18 kasus.

Adapun kasus menonjol yang terjadi di Balangan selama tahun 2019 yaitu ungkap tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu seberat 1,2 kg dan pencurian dengan pemberatan berupa laptop di SMPN 1 Lampihong sebanyak 22 unit.

Selama tahun 2019 Polres Balangan juga mengungkap 7 kasus Karhutla dengan penyelesaian tahap 2 (P21) sebanyak 1 kasus, 6 kasus lainnya sudah tahap 1 atau pelimpahan ke kejaksaan.

Sedangkan di bidang lalulintas, selama tahun 2019 telah terjadi Lakalantas sebanyak 18 kasus berbanding 2018 sebanyak 8 kasus. Dari hasil penyidikan yang dilakukan oleh KiSatlantas sebagian besar disebabkan oleh faktor human error dan melebihi batas kecepatan. Dari 18 kasus di tahun 2019 tersebut mengakibatkan 9 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 19 orang luka ringan.

Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, dalam kegiatan press rilis akhir tahun 2019 menyampaikan, secara umum Polres Balangan berhasil menurunkan angka kejahatan dengan tingkat kesuksesan sebesar 4 persen dibandingkan tahun 2018 lalu.

“Keberhasilan pengungkapan kasus tindak pidana di tahun 2019 ini merupakan hasil yang diperoleh dari giat penegakan hukum yang dilakukan oleh masing-masing satuan fungsi hingga ke tingkat polsek jajaran melalui upaya peningkatan profesionalitas di bidang penyelidikan dan penyidikan, selain tindakan represif Polres Balangan juga melakukan giat imbangan di bidang preventif dengan cara pengaktifan kembali pos kamling dan patroli di desa-desa, yang tentunya juga tak terlepas dari kerja keras dan bantuan dari masyarakat dalam membantu mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif,” jelasnya.

Selain itu, Kapolres Balangan juga menambahkan, di bidang lalu lintas dalam menekan angka kecelakaan Polres Balangan telah melakukan upaya preemtif dengan melaksanakan dikmas lantas ke sekolah-sekolah, komunitas maupun pemasangan spanduk dititik-titik rawan laka lantas. Selain itu, melalui penindakan berupa tilang selama tahun 2019 sebanyak 3.255 surat dan teguran sebanyak 5.324 surat, dan ke depannya di tahun 2020 kita akan meningkatkan lagi giat preventif untuk menekan angka kecelakaan.

Baca Juga:Catatan Akhir Tahun Polres Banjar; 3 Kasus Masih Misteri

Baca Juga:Tren Kejahatan Setahun, Sabu Jadi Musuh Utama di Kotabaru

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner