Kalsel

Bawaslu Kalsel: Panwascam di HST Harus Profesional

apahabar.com, BARABAI – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel, Iwan Setiawan berharap panita Panwascam di Hulu…

Featured-Image
33 Panwascam terpilih dilantik dan diambil sumpah atau janjinya oleh Ketua Bawaslu HST, Senin (23/12). Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel, Iwan Setiawan berharap panita Panwascam di Hulu Sungai Tengah (HST) agar profesional dalam bertugas selama masa pemilu.

Hal itu disampaikannya dihadapan 33 panitia Panwascam se-HST yang terpilih usai menjalani serangkaian tes dan baru dilantik di Gedung Djuang, Senin (23/12).

Memegang prinsip sebagai penyelenggara pemilu, kata Iwan harus ditegakkan seperti menjalin koordinasi dengan semua pihak yang memegang amanah.

Para Panwascam terpilih itu akan menjalankan tugas selama 11 bulan ke depan. Ke-33 panwas itu akan disebar ke-11 kecamatan di HST untuk mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Perkecamatan akan ditempatkan 3 orang Panwascam.

“Siapkan mental jalankan tugas, jangan takut, tetap pegang prinsip sebagai penyelenggara pemilu,” tegas Iwan usai prosesi pelantikan.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Bawaslu HST, M Ahsani bahwa tugas Panwascam harus menjaga integritas, mentalitas dan soliditas.

“Tetap mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas yang diemban,” tutup Ahsani.

Jauh sebelum pelantikan ini, Bawaslu telah membuka pendaftaran Panwascam untuk Pilkada 2020 diHST sejak 27 November sampai 3 Desember 2019.

Ratusan pendaftar pun menyerbu ke Kantor Bawaslu HST hingga mengikuti serangkaian tes dari Bawaslu.

Tes saat itu dimulai pada Jumat (13/12) lalu dengan computer assisted test (CAT). Usai mengikuti tes itu, peserta harus mengikuti tahapan wawancara langsung oleh tiga komisoner Bawaslu HST yakni, M Ahsani, Mailinasari dan M Subhan.

Dari situ, semula peserta berjumlah ratusan, 33 orang terpilih yang menjadi Panwascam. Ke-33 orang inilah yang baru dilantik sebagai Panwascam di HST.

img

Usai pelantikan, 33 Panwascam yang baru dilantik berfoto bersama Forkopimda HST. Foto-bakabar.com/HN Lazuardi

Baca Juga: Kecamatan Pulau Laut Utara Rawan Pelanggaran Pilkada

Baca Juga: Tekan Lonjakan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak, Sayed Jafar Launching RLKC

Baca Juga: FOTO: Aksi Solidaritas "Urang" Banjar untuk Muslim Uighur

Baca Juga: Usai Akad Islam, Mempelai di Banjarmasin Lakukan Pemberkatan

Reporter: HN LazuardiEditor: Aprianoor

Tags
Kalsel


Komentar
Banner
Banner