Kalsel

Pengakuan Khilafatul Muslimin Soal Dasar Negara Diragukan, Pakem: Kami Akan Uji

apahabar.com, KOTABARU – Belum lama tadi kelompok aliran kepercayaan khilafatul muslimin yang diduga menyimpang menyatakan secara…

Featured-Image
Ketua Tim Pakem, Haryoko Ari Prabowo, sekaligus Kajari Kotabaru.Foto-apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU – Belum lama tadi kelompok aliran kepercayaan khilafatul muslimin yang diduga menyimpang menyatakan secara lisan mengakui adanya dasar negara pancasila dan UUD 45.

Namun demikian, pengakuan itu nampaknya masih diragukan sejumlah pihak. Utamanya, bagi kalangan tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) di Kotabaru.

Ketua tim Pakem Kotabaru, Haryoko Ari Prabowo, mengatakan pihaknya telah meminta klarifikasi kepada kelompok khilafatul muslimin. Secara lisan, pihak khilafatul muslimin mengakui bahwa adanya dasar negara pancasila, dan UUD 1945.

“Memang mereka di hadapan kami mengakui adanya dasar negara pancasila dan UUD 45. Akan tetapi, kami masih tidak mengetahui pengakuan itu benar, atau tidak. Apakah sesuai dengan fakta dan praktik di lapangan,” ujar Haryoko, yang juga sebagai Kajari Kotabaru saat dihubungi bakabar.com Sabtu.

Menyikapi persoalan tersebut, Haryoko bersama tim Pakem Kotabaru menyatakan akan melakukan uji kebenaran terkait pengakuan kelompok khilafatul muslimin di Kotabaru.

“Pengakuan lisan mereka akan kami uji kebenarannya. Tim akan terus melakukan pemantauan secara intensif baik terbuka dan tertutup,” tegas Haryoko.

Kedepan menurutnya, apabila terbukti kelompok khilafatul muslimin diketahui hanya mengakui secara lisan keberadaan pancasila dan UUD 45 sebagai dasar negara maka kelompok tersebut bisa ditindak tegas sesuai peraturan yang berlaku.

“Intinya, kalau hanya secara lisan. Tapi, fakta di lapangan ternyata mereka berbeda, dan tidak berpedoman dengan dasar negara, maka jelas sesuai peraturan yang baru bisa ditindak tegas atau dipidana,” pungkas Haryoko.

Baca Juga: Malam Minggu, Ratusan Pengendara di Banjarbaru Terjaring Razia

Baca Juga: Arie Husairi 'Si Garuk Kaki Nyamuk' Juara KNPI Stand Up Comedy

Reporter: Ahc20
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner