Kalsel

H1 Pendaftaran CPNS, Pemohon SKCK di Banjarbaru Membeludak

apahabar.com, BANJARBARU – Permintaan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di hari pertama pendaftaran Calon Pegawai…

Featured-Image
Suasana pembuatan SKCK di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Banjarbaru, Senin siang. Foto-apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU – Permintaan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di hari pertama pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 melonjak dua kali lipat dari hari biasanya.

“Hari ini ada sekitar 80 orang mungkin karena banyaknya peminat CPNS 2019 maupun pendaftar swasta,” ujar Petugas Pelayanan SKCK Polres Banjarbaru, Rina Susanti kepada bakabar.com, Senin (11/11) siang, di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Banjarbaru.

Di hari biasa, kata Rina, jumlah permintaan hanya sekitar 40-an orang saja.

“Hari ini 80 orang saja, tapi ini baru awal pendaftaran CPNS, kemungkinan nanti semakin banyak lagi,” ucapnya.

Tren peningkatan pemohon SKCK, kata dia, biasanya terjadi mendekati hari terakhir pendaftaran CPNS.

“Mepet atau masa akhir pendaftaran akan sangat banyak lagi biasanya,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, pembuatan SKCK akan lebih mudah melalui aplikasi online bernama Siharat. Tidak perlu repot lagi mengisi formulir secara manual dan tinggal datang untuk langsung diproses.

“Hari ini pendaftar via aplikasi sebanyak 52 orang dan mereka langsung diproses, tidak perlu memakan waktu lama, berbeda dengan sisanya yang mendaftar secara manual sehingga lama prosesnya,” paparnya.

Meski melonjak dari hari kemarin, pendaftaran hari ini terpantau tetap kondusif dan tidak begitu banyak pemohon yang antre.

“Pakai aplikasi Siharat lebih mudah dan lebih cepat. Biasanya pertengahan pendaftaran CPNS atau akhir pendaftaran yang membeludak sekali, jadi saya harap mendaftar dahulu memggunakan aplikasi,” pungkas Rina.

Berbanding terbalik dengan lokasi penyerahan dan pemeriksaan berkas adminstrasi di Pemkot Banjarbaru, tampak nampak sepi.

“Kalau yang mendaftar hari pertama paling hanya bertanya seputar CPNS, kebanyakan mereka memantau dulu dari persyaratannya. Misal dari IPK dia membandingkan dari kabupaten lain, dan mencari formasi dari latar belakang pendidikan mereka,” ujar Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru Sri Lailana kepada bakabar.com.

Meski hari pertama sepi, BKPP kota Banjarbaru memprediksi akan ada sebanyak 2500 orang pendaftar untuk CPNS Banjarbaru 2019.

“Ini kami prediksi akan ada sebanyak 2.500 orang pendaftar, melihat tahun lalu dengan 96 formasi jumlah yang mendaftar sebanyak 1.405 orang” ujar Sri.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Tags
Kalsel


Komentar
Banner
Banner