Kalsel

Dua Anak Asal Pegunungan Meratus HST Ikuti Festival di TMII Jakarta

apahabar.com, BARABAI – Dua anak pedalaman di kaki pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengikuti…

Featured-Image
Kabid Dinsos, Wahyuni melepaskan keberangkatan dua anak Meratus dan tokoh masyarakat dari Dusun Danau Canting Desa Hinas Kiri, BAT, HST di halaman Kantor Dinsos, Selasa (12/11). Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Dua anak pedalaman di kaki pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengikuti Festival Generasi Emas Anak Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta sejak 12-16 November 2019 ini.

Keduanya berasal dari Dusun Danau Canting, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), yakni Lala (11) dan Andrei (13).

“Kedua anak ini terpilih malaui proses seleksi sesuai kriteria yang ditentukan oleh panitia festival. Yakni, berprestasi, aktif, berani tampil, masih bersekolah, mampu menjelaskan dan melaksanakn kegiatan adat setempat serta lengkap admistrasi kependudukan,” kata Pendamping KAT Kemensos RI, Indra Fironi, Selasa (12/11).

Prosesnya, lanjut Indra, tak lepas dari pantauan selama 7 bulan. “Selama itu kita terus memantau perkembangan anak-anak KAT, siapa yang pantas untuk mengikuti festival itu,” terang Indra.

Sementara itu, Kabid Dinsos, Wahyuni menjelaskan, keduanya telah mendapatkan bimbingan untuk mengikuti festival untuk menjadi duta anak KAT Kalsel di Jakarta.

“Harapannya nanti mereka mampu mengenalkan kebudayaan dan adat istiadat Meratus dengan anak -anak KAT lainnya. Serta mampu mengetahui dan memahami kebudayaan dan adat istiadat dari daerah lain, yang nanti bisa dibagi untuk anak-anak Meratus lainnya,” kata Wahyuni usai melepas keberangkata mereka di halaman Kantor Dinsos, Selasa (12/11) pagi.

Lala dan Andrei juga didampingi oleh Kasubag Umum Dinas Sosial, Marwito dan tokoh masyarakat setempat, Zarkasi. Selama di Jakarta keduanya akan diberikan materi pembinaan diri, kemandirian dan pembntukan karakter diri.

Baca Juga: Jadi Wabup HST, Berry Furqon Fokus Save Meratus

Baca Juga: Kaltim dan Kalteng Kirim Utusan Sumpah Pemuda di Kaki Gunung Meratus

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner