Tak Berkategori

Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Beroperasi Bulan Depan

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengerjaan fisik Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru yang baru akan rampung akhir bulan ini….

Featured-Image
Terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pengerjaan fisik Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru yang baru akan rampung akhir bulan ini. Targetnya mulai beroperasi bulan depan.

Sejauh ini, menurut General Manager (GM) Bandara Syamsudin Noor, Indah Preastuty proyek paket II telah rampung. Yakni meliputi pembangunan insfrastruktur, bangunan penunjang dan perluasan apron.

Sementara, lanjut Indah, pembangunan yang belum selesai hanya sisa paket I. Ia mengungkapkan, secara keseluruhan pengerjaan proyek bandara baru itu tinggal 11 persen.

Sehingga, target pengerjaan rampung bulan ini. "Targetnya akhir Oktober 2019 kita sudah selesai, dan mulai mengoperasikan,” kata Indah ditemui usai rapat dengan Komisi III DPRD Kalsel, Jumat (4/10).

“November sudah ada penerbangan di bandara baru. Kalau peresmian mungkin bulan Desember,” sambungnya.

Setelah proyek selesai, terminal baru itu akan muat menampung 7 juta pergerakan penumpang dalam satu tahun. Proyek pengembangan digeber lantaran terminal yang ada saat ini tidak lagi muat menampung kapasitas penumpang dalam satu tahun.

Terminal baru Bandara Syamsudin Noor dibangun di atas lahan seluas 77.569 meter persegi. Terminal ini akan memiliki 52 unit counter check in. Disamping itu tiga conveyor bagasi untuk kedatangan penerbangan domestik dan internasional.

Berdasarkan desain pembangunan, bandara akan memiliki dua lantai. Lantai pertama merupakan area keberangkatan, area komersial, airside, dan area kedatangan.

Sementara untuk lantai dua, terminal bakal dimanfaatkan sebagai area kantor sewa, hotel, dan boarding lounge.

Syamsudin Noor Banjarmasin merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Kalimantan. Proyek tersebut dibangun oleh sinergi PT PP Tbk (PTPP) dan PT Wika Gedung.

Kerjasama operasional (KSO) BUMN tersebut menargetkan bandara Syamsudin Noor bisa beroperasi di akhir 2019. Pasalnya, bandara tersebut menjadi yang terbesar di Kalimantan.

Keberadaan bandara ini diharapkan dapat menambah pemasukan bagi daerah. Terutama investasi ekonomi.

Baca Juga: Paman Birin Yakin Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Sesuai Target

Baca Juga: Bank Kalsel Kucur Rp 200 Miliar untuk Bandara Syamsudin Noor

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Ahmad Zaina Muttaqin



Komentar
Banner
Banner