Kalsel

Ratusan Cyclist Siap Genjot Banjarmasin-Loksado

apahabar.com, BANJARMASIN – Agenda tahunan Tour de Loksado oleh Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan resmi dibuka. Menjalani…

Featured-Image
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Melepas secara resmi peserta tour de Loksado. Foto-Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Agenda tahunan Tour de Loksado oleh Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan resmi dibuka. Menjalani tahun ke dua, Kepala Dispar Kalsel, Dahnial Kifli mengatakan kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan wisata Kalsel ini mendapat antusias tinggi dari para peserta.

"Ini salah satu strategi pemasaran promosi wisata kita melalui event sport tourism," ucap Dahnial kepada awak media usai pelepasan peserta balap sepeda sport tourism tour de loksado di Siring 0 Kilometer, Sabtu (19/10) pagi.

Ratusan cyclist (pengendara sepeda) siap menempuh jarak 176 km dari Banjarmasin menuju Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tak hanya menikmati indahnya pesona alam di Kalsel, peserta juga akan memperebutkan total hadiah puluhan jutaan rupiah dan doorprize sepeda motor.

"Ada 487 sekian yang mendaftar. Tapi karena mereka komunitas, yang mendaftar satu dan penggembiranya ada banyak. kalau saya lihat mungkin lebih dari 500an," sebut dia

Ada tiga titik pemberhentian (Pit Stop) yaitu Kantor Bupati Banjar, Kediaman H Ciut Binuang dan Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Dari sana, penilaian akan dilakukan pada kategori yang ditentukan berdasarkan batasan usia. Titik akhir akan berada di Graha Wisata Amandit Loksado.

Tak hanya Kalsel, animo peserta juga datang dari luar daerah. Dahnial menyebut sekitar 15 provinsi di Indonesia yang meramaikan acara ini. Dia berharap strategi promosi seperti ini akan mendapat respon positif terhadap wisata di Banua. Ini juga salah satu bentuk wujud pemerintah menjadikan Kalsel sebagai destinasi nasional di tahun 2020 nanti.

"Mudah-mudahan bernilai positif, mereka akan menyampaikan kepada keluarga dan teman-temannya akan potensi alam di kalsel. Karena Kalsel adalah the legend of borneo," sebutnya

Melepas secara resmi ratusan peserta, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang memang tidak asing dalam menggaungkan olahraga juga mengharapkan Loksado akan menjadi potensi wisata nasional hingga Mancanegara.

"Kita gelorakan dan sinergiskan olahraga dengan pariwisata. Karena banyak tempat-tempat eksotis di Kalsel seperti Raja Lima, Air Terjun, atau daerah-daerah pantai yang menciptakan sebuah keindahan," tutur Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Dia juga berharap kegiatan berjalan lancar dan peserta khususnya Kalsel dapat bersaing dengan provinsi lainnya.

Baca Juga: Genjot Sektor Pariwisata, Simak Kalender 33 Even di Kalsel Tahun Ini

Baca Juga: Upaya Pemkab HSS Tingkatkan PAD Sektor Pariwisata

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner