Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Terima Apresiasi Pembinaan Proklim

apahabar.com, JAKARTA – Karena dinilai serius dalam pengendalian perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik…

Featured-Image
Bupati Tanbu Sudian Noor (tengah) usai menerima Apresiasi Pembinaan Proklim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Karena dinilai serius dalam pengendalian perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memberikan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada Pemkab Tanah Bumbu.

Pemberian apresiasi dalam rangka Festival Iklim tahun 2019 diserahkan oleh Menteri

Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, kepada Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (02/10).

Siti Nurbaya Bakar mengatakan fenomena dari perubahan iklim yang terjadi adalah meningkatnya kejadian iklim ekstrem yakni meningkatnya kejadian ENSO (El Niño-Southern Oscillation), baik berupa La Nina maupun El Nino.

Perubahan Iklim tersebut dapat meningkatkan frekuensi kejadian La Nina dan El Nino yang normalnya berputar dalam periode 5 sampai 7 tahun menjadi lebih pendek periodenya menjadi 3 sampai 5 tahun.

"La Nina dapat menimbulkan dampak berupa banjir akibat curah hujan tinggi, sementara El Nino menimbulkan dampak berupa kekeringan ekstrem akibat rendahnya curah hujan," jelas Siti Nurbaya.

Terkait adaptasi perubahan iklim, Pemerintah RI telah menetapkan komitmen untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, ketahanan sosial, dan sumber kehidupan serta ketahanan ekositem, juga penyediaan sarana, prasarana dan infrastruktur yang tahan terhadap perubahan iklim.

Usai menerima apresiasi tersebut, Sudian Noor menyampaikan pentingnya peran pemerintah daerah terhadap pengendalian perubahan iklim tersebut.

“Terutama terkait edukasi tentang perubahan iklim kepada masyarakat," ujar politisi PAN itu.

Karenanya ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, seperti menanam pohon di lingkungan rumah dan mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita bersama-sama, peduli terhadap lingkungan. Dimulai dengan diri sendiri," ajak Sudian Noor.

Di Kabupaten Tanah Bumbu, desa yang masuk dalam Proklim yaitu Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Simpang Empat. Selain pemerintah daerah, pengembangan Proklim di Kabupaten Tanah Bumbu juga melibatkan dunia usaha.

Baca Juga: Batulicin Hujan Deras, Tim Pemadam Karhutla Langsung Sujud Syukur

Baca Juga: Siang Ini Batulicin Diguyur Hujan Deras

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner