Kalsel

Dishub Kota Siap Ambil Alih Gedung Cungha Cunghui Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Dianggap tidak memberikan kontribusi kepada Pemkot Banjarmasin, Dishub Kota berencana mengambil alih Gedung…

Featured-Image
Kepala Dinas Perhubungan Banjarmasin, Ichwan Noor Khalik. Foto- apahabar.com/Ahya Firmansyah.

bakabar.com, BANJARMASIN – Dianggap tidak memberikan kontribusi kepada Pemkot Banjarmasin, Dishub Kota berencana mengambil alih Gedung Cungha Cunghui di Jl Pangeran Samudera.

"Itu kan milik Pemko, dan lahannya strategis di pusat kawasan perdagangan. Jadi ada rencana akan dibangun parkiran 7 hingga 10 lantai," ungkap Kadishub Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik kepada awak media usai rapat bersama Komisi III DPRD Kota, Senin (14/10).

Menurut dia, Cungha Cunghui akan diambil dari pihak Donindo. Mengingat, pihak itu belum memberikan kontribusi yang sesuai.

"Kita hanya pernah dapat kompensasi Rp300 juta, tapi selanjutnya belum pernah lagi. Saya kira gedungnya diambil saja dari Doni," ungkapnya.

Kendati demikian, Ichwan tetap membuka peluang kepada pihak Donindo jika ingin menjadi investor parkiran tersebut.

Sebelumnya dalam rapat bersama Komisi III DPRD Kota itu, Ichwan juga menjelaskan tentang progres pembangunan dikerjakan dishub. Salah satunya tentang rencana pembangunan gedung parkir di kawasan Pasar Sepeda yang batal dibangun.

Alasannya, luasan gedung dan akses jalan masuk yang sempit. Padahal rencana gedung parkir di Pasar Sepeda itu telah dianggarkan Rp3 miliar.

Oleh karena itu, Ichwan mengungkapkan pihaknya berencana memanfaatkan gedung Cungha Cunghui untuk dijadikan tempat parkir.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, M Isnaini mendukung hal tersebut. Bagi dia, jika ada kesempatan membuat pendapatan daerah menjadi maksimal harus diambil.

Lagipula, kata politisi Partai Gerindra ini, pihak ketiga sudah wanprestasi pembayaran sewa terhadap Pemko. Sehingga Cungha Cunghui tak terpakai optimal.

"Itu memungkinkan dibangun 10 lantai dan Pemko bisa diuntungkan. Karena ada di kawasan strategis, seperti pasar Ujung Murung, Samudera dan lainnya," jelasnya.

Selain itu, M Isnaini menyarankan Pemkot Banjarmasin melalui dinas terkait melakukan pendataan titik parkir yang strategis.

Sehingga, Pemkot bisa membeli lahan untuk dijadikan parkir. Misal untuk di kawasan Siring Tandean.

"Dalam waktu dekat ini, komisi III akan ada kunjungan lapangan terkait lahan parkir yang ada di Banjarmasin. Apakah diselenggarakan dengan baik dan tidak ada kebocoran," pungkasnya.

Baca Juga:Mulawarman Peduli, Uriansyah Dapat Kursi Roda

Baca Juga:Truk Pembawa Semen Terbalik, Hampir Menabrak Pagar Bandara

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner