Sport

Bawa Barito Menang, Torres Sekaligus Menyakiti Mantan

apahabar.com, MARTAPURA – Kemenangan besar dibukukan Barito Putera atas Perseru Badak Lampung FC di Stadion Demang…

Featured-Image
Hattrick Francisco Torres mewarnai kemenangan telak Barito Putera atas Perseru Badak Lampung di Stadion Demang Lehman, Jumat (18/10). Foto-Instagram Barito

bakabar.com, MARTAPURA – Kemenangan besar dibukukan Barito Putera atas Perseru Badak Lampung FC di Stadion Demang Lehman Martapura, Jumat (18/10) malam. Franscisco Torres menjadi tokoh protagonis lewat torehan hattrick.

Barito bermain tanpa Rizky Rizaldi Pora, sedangkan Evan Dimas duduk di bench. Dalam formasi 4-4-2 kontra Badak Lampung, posisi Rizky sebagai gelandang sayap digantikan Samsul Arif yang sejatinya seorang penyerang.

Sementara Torres yang diharuskan menghadapi mantan klub dan baru ditinggalkan beberapa bulan sebelumnya, ditempatkan di lini terdepan bersama Rafael Silva.

Bermain lebih agresif, Laskar Antasari membuka keunggulan di menit 10. Ironis untuk Badak Lampung, karena gol pembuka Barito dihasilkan melalui penalti Torres.

Penalti disebabkan pelanggaran Yoewanto Setya kepada Torres yang berlari sendirian di kotak penalti, ketika berusaha mengejar umpan terobosan.

Dalam kondisi tertinggal, Badak Lampung berusaha lebih menekan, terutama melalui sayap. Namun sampai menit 21, usaha mereka belum berhasil mendekati kotak penalti tuan rumah.

Justru Barito nyaris menggandakan keunggulan di menit 22, seandainya sontekan Torres tidak sedikit melenceng, seusai meneruskan umpat tarik Paolo Sitanggang.

Memasuki menit 29, Badak Lampung memperoleh peluang bagus yang diawali akselerasi Billy Keraf dari kiri. Bola sampai di kaki Reva Adi Utama, tetapi tak diarahkan dengan baik ke gawang.

Barito membalas semenit kemudian dengan gol kedua. Kosuke Uchida jeli mengarahkan sepak pojok ke tiang jauh dan akurat disundul Torres ke gawang.

Menjelang turun minum, Torres berpeluang mencetak hattrick. Berhasil mengejar umpan terobosan Rafael Silva, sepakan pertama Torres dapat diblok Yoewanto dengan kaki.

Rebound yang melambung dan berusaha disundul Torres, juga dapat diamankan tangan sang kiper. Babak pertama selesai, Barito masih unggul dengan selisih sepasang gol.

Selepas turun minum, Barito mengawali pertandingan dengan baik. Sundulan Rafael yang meneruskan crossing Torres, sedikit melambung dari sasaran.

Lantas di menit 50, Torres benar-benar membukukan hattrick. Diawali tusukan Paolo ke kotak 16 dan diakhiri sepakan ke gawang. Usaha mantan gelandang Timnas U-19 itu masih bisa diblok Yoewanto.

Namun bola bergerak liar dan berhasil dikuasai Torres. Setelah sedikit mengangkat si kulit bundar untuk mengecoh Yoewanto yang melakukan sliding tackle, Torres langsung mengarahkan sepakan mendatar ke kanan gawang.

Sudah unggul jauh, Barito semakin nyaman mengendalikan tempo permainan. Cukup banyak operan-operan di lini belakang yang dilakukan Donni Monim, Cassio de Jesus dan Bayu Pradana.

Di sisi lain, Badak Lampung menghabiskan jata pergantian. Pemain pengganti terakhir yang dimasukkan pelatih Milan Petrovič adalah Aulia Hidayat di menit 59.

Hanya pergantian tersebut belum signifikan mengubah permainan Badak Lampung. Masih kesulitan memasuki kotak penalti, sepakan jarak jauh mereka juga kurang terarah.

Sementara Barito akhirnya memainkan Evan di menit 65. Sekitar 2 menit bermain, Evan lolos ke depan gawang dan melepas tembakan dari sudut sempit. Namun usaha Evan dimentahkan tangan Yoewanto.

Yakob Sayuri yang menggantikan Paolo di menit 72, nyaris menghasilkan gol bunuh diri, ketika berusaha membuang bola liar hasil tepisan Muhammad Riyandi.

Akhirnya Badak Lampung berhasil mencetak gol konselasi di menit 82. Freekick Kurniawan Karman memang gagal diteruskan Hariyanto Panto ke gawang, karena cukup rapat dikawal Donni Monim dan Cassio de Jesus.

Namun bola bergulir liar dan sempat memantul ke kaki Cassio. Kesempatan itu lantas dimaksimalkan Hariyanto dengan sepakan jarak dekat.

Tersisa 5 menit di babak normal, Rafael masih gagal mencetak gol. Dari luar kotak penalti, sepakan striker berusia 29 tahun ini masih membentur mistar.

Kegagalan Rafael dibayarkan Evan di menit 90+1. Dalam posisi satu lawan tiga, Sayuri menguasai bola hingga kanan dalam kotak penalti.

Selanjutnya bola dioper ke depan gawang melewati adangan Bojan Malisic, sebelum dengan mudah disontek Evan ke gawang.

Kemenangan 4-1 ini mendongrak posisi Barito keluar dari zona degradasi. Mengemas 23 poin, pasukan Djajang Nurjaman ini menempati peringkat 13, tepat di atas Badak Lampung yang kalah selisih gol.

Tetapi posisi Barito masih mungkin melorot lagi, mengingat 23 poin diperoleh dari 23 pertandingan. Sebaliknya klub-klub lain yang berada di bawah seperti Semen Padang dan Persija Jakarta, memiliki pertandingan lebih sedikit.

Susunan Pemain

Barito Putera (4-4-2):
Muhammad Riyandi; Gavin Kwan Adsit (Nazar Nurzaidin ’86), Donni Monim, Cassio de Jesus, Roni Beroperay; Samsul Arif (Evan Dimas ’65), Bayu Pradana, Kosuke Uchida, Paolo Sitanggang (Yakob Sayuri ’72); Rafael Silva, Francisco Torres

Perseru Badak Lampung (4-4-2):
Yoewanto Setya Beny; Antony Golec, Bojan Malisic, Kurniawan Karman, Reva Adi Utama (Hariyanto Panto ’46); Syahria Mustofa, Arthur Bonai, Rahmat Hidayat (Aulia Hidayat ’59), Suhandi; Billy Keraf, TA Musafri (Frengky Koyoga (’50).

Baca Juga: Link Live Barito vs Badak Lampung, Laga ke 7 Djanur: Bangkit Jauhi Degradasi

Baca Juga: Pelatih China Ungkap Penyebab Kekalahan Dari Timnas U-19

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner