Politik

Tiga Nama Lamar PDIP HST, Berry Tilik Peluang Koalisi

apahabar.com, BARABAI – Ketua DPC PDIP Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Forqon terus memaksimalkan diri…

Featured-Image
Berry NF menyerahkan kelengkapan berkas formulir bakal calon bupati 2020 kepada Sekretaris DPC PDIP HST, Hermansyah didampingi anggotanya, Kamis (19/09). Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Ketua DPC PDIP Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Forqon terus memaksimalkan diri sebagai bakal calon (balon) pada Pilbup setempat 2020 mendatang.

Ada sejumlah opsi. Salah satunya melakukan penjajakan kepada partai lain untuk mendukungnya. “Kami (PDIP) telah berkoordiasi dengan partai politik lainnya dan kandidat balon yang akan bertarung pada Pilbup nanti,” kata Berry usai menyerahkan kelengkapan formulir pendaftaran balon Pilbup ke DPC PDIP di HST, Kamis, (19/09).

Dengan melakukan penjajakan itu, Berry berharap terbentuk berkoalisi. Sehingga Berry dapat memenuhi persyaratan mencalonkan diri.

Pasalnya, PDIP hanya meraih dua kursi di DPRD HST. Sehingga dia perlu berkoalisi dengan partai lain agar memenuhi 6 kursi.

Dengan begitu, bagi Berry, HST 1 bukan harga mati untuknya. “Bisa saja nanti di posisi wakil, tergantung hasil survey dan kesepakatan pengusungnya,” kata eks Direktur Walhi Kalsel ini.

Saat ini ada tiga pelamar ke PDIP. Pertama, mantan Bupati HST 2010-2015, Harun Nurasid. Kedua, kader Partai Nasdem H Zanie yang saat ini duduk di DPRD Kalsel. Dan terakhir, Berry sendiri yang tak lain kader PDIP.

Dari ketiga nama itu, PDIP akan melakukan survey internal partai. Setelah mekanismenya survey selesai, akan ditentukan siapa yang direkomendasikan untuk maju Pilbup.

“Jadi diipilih oleh dewan pimpinan pusat secara objektif dengan mempertimbangkan kelebihan-kelebihan kualitas dan pengalaman para calon di masyarakat,” kata Berry.

Siapa yang nantinya ratingnya tinggi dan memang menjadi aspirasi masyarakat HST, lanjut Berry, itulah yang akan dipilih partai.

“PDIP membuka ruang bagi orang-orang terbaik yang bisa membangun daerah lebih maju lagi, tidak hanya di internal partai,” jelas Berry.

Baca Juga: Pinang PDIP, Ketua DPC PPP Balangan Siap Bertarung di Pilkada 2020

Baca Juga: Lamar PDIP, Saidi Mansyur Ingin Teruskan Koalisi Nasional di Pilkada Banjar 2020

Baca Juga:Muhaimin Serahkan Berkas Pendaftaran Cawalkot Banjarmasin ke PDIP

Baca Juga:Putri Ma'ruf Amin Daftar ke PDIP Jadi Cawalkot Tangsel

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner