Kalsel

Teror Kebakaran Permukiman Resahkan Warga Banjarmasin!

apahabar.com, BANJARMASIN – Belakangan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan mesti kerja ekstra. Sepekan…

Featured-Image
Anggota Babinsa TNI saat ikut atasi kebakaran di Alalak Selatan, Kota Banjarmasin, Selasa 10 September dini hari, Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Belakangan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan mesti kerja ekstra.

Sepekan belakangan, Banjarmasin terus diteror kebakaran permukiman. Hanya dalam waktu enam hari, 90 rumah di tiga lokasi berbeda jadi bulan-bulanan si jago merah. Berikut rangkumannya:

Alalak Selatan

img

Sejumlah warga korban kebakaran hebat di Alalak Selatan, Banjarmasin Utara, Selasa subuh, tadi terpaksa mengungsi. Foto-bakabar.com/Riyad

Kebakaran hebat melanda Alalak Selatan, Banjarmasin Utara, Selasa 10 September, dini hari. Kebakaran menimbulkan kerugian yang mendalam bagi warga.

BPBD Banjarmasin mencatat 65 rumah warga terdampak. Dari sana, ada 222 jiwa dari 75 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Mereka berasal dari dua RT yang berbeda. Yakni, RT 05 dan RT 04.

"Kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai Rp1,5 miliar," ujar Kepala BPBD Kota Banjarmasin, M. Hilmi, kala itu.

Di sana, bukan sekali api mengamuk dalam kurun waktu sebulan ini.

Catatan media ini, kebakaran juga terjadi tak jauh dari lokasi pertama, akhir Agustus lalu. Yakni, di RT 05 dan Gang Mufakat RT 06, Alalak Selatan Banjarmasin Utara, Rabu 21 Agustus sore.

21 rumah terbakar, rinciannya 17 rumah di RT 5, dan 4 rumah di RT 6. BPBD mencatat 101 jiwa dari 30 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Wildan Sari

img

Petugas pemadam kebakaran bersama warga sekitar bahu membahu memadamkan api pada kebakaran ini di Wildan Sari, Jumat malam. Foto-bakabar.com/Riyad

Selang tiga hari kemudian, giliran 6 rumah di Jalan Wildan Sari 1 RT 01 RW 01, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, Jumat, 13 September malam.

Tidak ada laporan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sebanyak 26 jiwa dari 7 keluarga harus kehilangan rumahnya. "Kerugian ditaksir mencapai Rp600 juta,” ujar Hilmi.

Gang Musyawarah

img

Korban kebakaran di Gang Musyawarah Jalan Sulawesi, dan Antasan Kecil Barat, Minggu petang, mengorek puing bangunan rumah untuk mencari barang yang bisa dimanfaatkan. Foto-bakabar.com/Bahaudin Qusairi

Belum kering air mata warga di Alalak Selatan dan Wildan Sari, giliran belasan rumah di Gang Musyawarah Jalan Sulawesi, dan Antasan Kecil Barat, Minggu (15/09) petang, sekitar pukul 18.00.

BPBD melaporkan 18 rumah ditambah satu bedakan 3 pintu milik warga jadi korban kebakaran.

Sekitar satu setengah jam relawan dan petugas BPBD Banjarmasin berjibaku menjinakkan api. Tidak ada korban jiwa. Namun seorang perempuan mengalami luka bakar hingga 40 persen.

Pasca-kebakaran, Mira, salah satu korban kebakaran Gang Musyawarah bingung hendak tidur di mana.

"Bingung lah kami ini. Semua habis ini. Mau tidur dan numpang di mana nanti malam" lirih Mira, kepada bakabar.com di lokasi kebakaran, malam tadi.

Baca Juga: Jerit Korban Kebakaran Jalan Sulawesi: "Kami Bingung Numpang di Mana"

Baca Juga: Padamkan Api di Jalan Sulawesi, Emergency Manfaatkan Lumpur

Baca Juga: BREAKING NEWS!!! Si Jago Merah Beraksi di Jalan Sulawesi

Baca Juga: VIDEO: Anggota Dewan Tebar Simpati di Kebakaran Alalak Selatan

Baca Juga: Anggota Dewan Tebar Simpati di Kebakaran Alalak Selatan

Reporter: Tim bakabar.comEditor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner