Kalsel

Satu Jemaah Haji Batola Terancam Pulang Terlambat

apahabar.com, MARABAHAN – Sehari menjelang kepulangan ke Tanah Air, Kamis (5/9), seorang jemaah haji Barito Kuala…

Featured-Image
Satu per satu Kloter haji dari Indonesia meninggalkan Arab Saudi. Total terdapat 34 penerbangan yang mengangkut jemaah haji dari Kalimantan Selatan. Foto-Viva

bakabar.com, MARABAHAN – Sehari menjelang kepulangan ke Tanah Air, Kamis (5/9), seorang jemaah haji Barito Kuala yang tergabung dalam Kloter BDJ 12 terancam pulang tidak sesuai jadwal.

Sama seperti kedatangan, kepulangan Kloter BDJ 12 juga termasuk dalam gelombang kedua dan bertolak dari Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz di Madinah, Rabu (4/9) WAS.

Meski demikian, rombongan yang diisi jemaah gabungan Batola, Banjar dan Banjarmasin tersebut bukan kepulangan terakhir.

Masih terdapat enam Kloter yang menunggu kepulangan. Mereka adalah Kloter BDJ 17, BDJ 18, BPN 13, BPN 14, BDJ 19 dan BPN 15.

“Sebelum jadwal kepulangan, kondisi umum jemaah dari Kloter BDJ 12 sehat. Namun beberapa di antaranya diserang batuk sebagai akibat cuaca ekstrim,” papar Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kloter BDJ 12, H Rusbandi MA, Rabu (4/9).

“Dijadwalkan jemaah meninggalkan Hotel Manazil Al Falah di Madinah pukul 16.40 WAS menuju bandara. Sedangkan kepulangan ke Indonesia dijadwalkan pukul 20.40 WAS,” imbuhnya.

Namun demikian, masih terdapat seorang jemaah dari Batola bernama H Zainal Aqli Tukacil (73) yang masih menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

“Kondisi jemaah tersebut terus diobservasi sampai jadwal kepulangan. Sama seperti keluarga di rumah, kami berharap beliau dapat pulang bersama,” timpal dr Muhammad Inayaturrahman, dokter Kloter BDJ 12.

“Seandainya tak diizinkan meninggalkan rumah sakit sampai jadwal kepulangan, terdapat kemungkinan beliau dipulangkan bersama kloter selanjutnya. Proses kepulangan beliau difasilitasi tim kesehatan di Madinah,” sambungnya.

Juga terdapat jemaah dari Banjar dalam Kloter BDJ 12 bernama HM Salman (78) yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Madinah. Kemungkinan besar jemaah tersebut juga tak pulang sesuai jadwal.

“Walau kepulangan tertunda, Alhamdulillah semua jemaah sudah menyelesaikan rukun haji,” tegas Rusbandi.

Dijadwalkan Kloter BDJ 12 tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru, Kamis (5/8), sekitar pukul 15.05 Wita. Khusus jemaah haji dari Batola, mereka disambut Wakil Bupati Rahmadian Noor.

Baca Juga: Jemaah Haji Tahun Ini Capai 2,4 Juta Jiwa, Asia Terbanyak

Baca Juga: Sebelum Pulang, Jemaah Haji Tapin Selamatan

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner