Kalsel

Ribuan Jemaah Haji dari Banjarmasin Belum Balik ke Tanah Air

apahabar.com, BANJARMASIN – Enam kloter jemaah haji belum kembali ke Debarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Mereka dilaporkan…

Featured-Image
Petugas bersama polwan membantu jemaah haji lanjut usia atau lansia saat tiba di Asrama Haji Debarkasi Banjarmasin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Enam kloter jemaah haji belum kembali ke Debarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Mereka dilaporkan masih berada di Kota Madinah, Arab Saudi. Sejauh ini baru 13 kloter jemaah haji yang pulang ke tanah air.

“Sementara Debarkasi Banjarmasin pada tahun ini memberangkatkan sebanyak 19 kloter, dengan demikian enam kloter lagi belum pulang ke tanah air, mereka saat ini berada di Madinah,” ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan yang sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banjarmasin, H Noor Fahmi, di Banjarmasin, Sabtu.

Kloter 13 baru tiba di tanah air di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin pada Sabtu (7/9) dini hari tadi.

Kloter 13 diisi jemaah haji asal Kabupaten Kotim, Katingan, Kota Palangkaraya dan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurutnya, Kloter 13 berjumlah 322 orang. Saat pulang ke tanah air jumlahnya hanya 318 haji karena dua orang meninggal dunia, dan dua mutasi ke kloter lain untuk dipulangkan lebih awal.

“Total yang sudah tiba di tanah air asal sebanyak 4.196 orang,” ujar Noor Fahmi.

Jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang masih berada di Arab Saudi pada enam kloter yang belum pulang tersebut sekitar 1.900 orang.

Sedangkan jumlah yang wafat berdasarkan pantauan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sebanyak 16 orang.

“Sembilan haji asal Kalimantan Selatan dan tujuh orang dari Kalimantan Tengah,” terangnya.

Menurut Noor Fahmi, pemulangan jamaah haji Debarkasi Banjarmasin hingga kloter terakhir atau kloter 19 nanti dijadwalkan akan tiba di tanah air pada 15 September 2019.

Baca Juga:Kabar Duka, Satu Lagi Jemaah Haji Kalsel Wafat

Baca Juga:Soto Banjar Sambut Jemaah Haji Kloter BDJ 12 Batola

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner