Tak Berkategori

Keren! Tala Punya Objek Wisata Arum Jeram

apahabar.com, PELAIHARI – Kabupaten Tanah Laut (Tala) memiliki objek wisata menarik untuk para penghobi arum jeram….

Featured-Image
Objek wisata arum jeram di Desa Riam Adungan, Kecamatan Kintap. Foto : istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Kabupaten Tanah Laut (Tala) memiliki objek wisata menarik untuk para penghobi arum jeram. Objek wisata sungai tersebut berada di Desa Riam Adungan, Kecamatan Kintap.

Di sana, wisatawan bisa menyusuri sungai menggunakan perahu karet sejauh satu kilometer. Wisatawan juga bisa menikmati sensasi arum jeram sembari melihat jernihnya air sungai dan hamparan bebatuan di bawahnya.

Pada Jumat (13/09) kemarin, Bupati Tala, H. Sukamta, ikut menjajal objek wisata tersebut bersama sejumlah pejabat lainnya.

Sukamta langsung menyusuri sungai sejauh 1 kilometer menggunakan perahu karet bersama para pejabat Pemkab Tala. Keindahan yang ditawarkan objek wisata itu pun membuat Sukamta kagum.

“Pantai kita sudah punya. Belum lagi di atas sana ada bukit batuan karst yang sangat indah. Dengan adanya wisata susur sungai ini, objek wisata kita komplet. Pasti akan sangat menarik minat pengunjung datang ke sini,” katanya setelah menyusuri sungai menggunakan perahu karet.

Sukamta menilai pengembangan sektor wisata di kawasan itu masih perlu dilakukan. Sebab, masih banyak potensi wisata di Desa Riam Adungan yang tak kalah jika dibandingkan dengan daerah lain.

Meski memberikan pujian, tapi Sukamta mengakui objek wisata tersebut masih perlu pembenahan. Ia sendiri merasakan betapa sulitnya masuk ke objek wisata itu, karena akses masuknya hanya berupa jalan setapak dengan bebatuan yang sangat sulit dilalui, khususnya pada musim penghujan.

Akses jalan masuk ke objek wisata itu tercatat masih masuk kawasan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karenanya, Sukamta akan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan lahan seluas 62,1 hektare untuk membuka akses jalan menuju objek wisata tersebut.

Sukamta juga ingin pihak swasta ikut memberikan perannya. Ia menyebut sudah ada beberapa perusahaan yang ingin membantu pemerintah untuk mengembangkan obek wisata tersebut.

“Saya mengajak pihak swasta ikut berpartisipasi dalam mengembangkan sektor wisata di Desa Riam Adungan ini,” tandasnya.

Baca Juga: Askab PSSI Diminta Majukan Sepak Bola di Tala

Baca Juga: Optimalkan PAD, Bappeda Tala Gelar Rakor

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner