Pemkab Tanah Bumbu

Drum Band Tanah Bumbu Cup 2019 dan Upaya PDBI Mencari Calon Atlet

apahabar.com, BATULICIN – Kejuaraan Drum Band Tanah Bumbu Cup 2019 sukses digelar. Antusiasme masyarakat yang besar…

Featured-Image
Kejuaraan Drum Band Tanah Bumbu Cup 2019 yang digelar di Taman Education Park berlangsung meriah. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Kejuaraan Drum Band Tanah Bumbu Cup 2019 sukses digelar. Antusiasme masyarakat yang besar dinilai menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan acara tersebut.

Meski begitu masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dilakukan oleh Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Tanah Bumbu untuk menggali dan mengembangkan bakat anak-anak yang ingin menjadi calon atlet drumben.

“Khususnya untuk persiapan pada event Kejurprov nanti,” kata Ketua PBDI Tanah Bumbu, Fredy Adams, kepadabakabar.com, Minggu (22/09).

Ia menyebut upaya mencari dan mengembangkan bakat bermain drumben akan terus dilakukan, baik melalui event besar maupun kecil. Pihaknya juga akan terus melakukan penjaringan personil drumben di Bumi Bersujud.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar Kejuaraan Drum Band Tanah Bumbu Cup 2019 di Taman Education Park pada 21 September 2019. Event tersebut diikuti 9 tim drumben se-Kabupaten Tanah Bumbu yang terdiri dari 4 tim tingkat Sekolah Dasar (SD) dan 5 tim dari Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kejuaraan itu digelar untuk memperebutkan Piala Bupati Tanah Bumbu dan Piala Ketua KONI Tanah Bumbu sekaligus penjaringan calon atlet drum band untuk mewakili Kabupaten Tanah Bumbu pada event Kejuaraan Provinsi pada Oktober 2019.

“Tak hanya Kejurprov, tapi juga untuk mengikuti event Paman Birin Cup, Pra PON, dan PON. Jadi sejak sekarang kita persiapkan,” katanya.

Fredy mengungkapkan bibit-bibit pemain drumben di Tanah Bumbu sudah muncul sejak lama. Tak hanya di sekolah, komunitas-komunitas drumben juga muncul di luar lingkungan sekolah.

Masalahnya, kala itu Tanah Bumbu belum memiliki organisasi untuk menaungi bakat-bakat yang masih terpendam. Sejak 2016, ia dan beberapa temannya sebenarnya sudah berniat ingin membuat suatu komunitas atau organisasi yang bisa menaungi personel drumben di Tanah Bumbu.

“Setelah beberapa tahun, akhirnya PDBI Tanah Bumbu terbentuk pada 14 Februari 2019,” katanya.

Fredy juga mengaku senang karena event yang digelar PDBI disambut hangat oleh KONI Tanah Bumbu. Karena support dari KONI itulah kejuaraan drumben yang digelar PDBI Tanah Bumbu terlaksana dengan meriah.

Pada kejuaraan Itu, SMP 9 Satui berhasil menjadi juara pertama, disusul SMP 1 Satui sebagai runner up, dan SMP 1 Simpang Empat menguntit di belakangnya.

Sementara untuk tingkat SD, MI Syarif Abbas berhasil keluar menjadi juara pertama, diikuti SDN 3 Kampung Baru, dan SDN Tungkaran Pangeran 1. Lalu, untuk Gitapati terbaik yakni

SDN Tungkaran Pangeran 1 dan mayoret terbaik dari SDN Tungkaran Pangeran 3.

“Yang juara 1 kemungkinan akan dikirim ke Kejurprov. Tapi, masih perlu koordinasi, karena atlet juga perlu dukungan orang tua,” tandasnya.

Baca Juga:KH. Fadli Muis Jadi Imam Salat Istisqa di Tanbu

Baca Juga:Cerita Musisi Tanbu Dapat Hadiah Gitar Rp 32 Juta

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner