Sport

Dibobol Pemain Pengganti, Barito Ditekuk Persija

apahabar.com, BEKASI – Sulit meningkatkan tempo permainan, Barito Putera harus mengakui keunggulan Persija Jakarta di Stadion…

Featured-Image
Gelandang Barito Putera, Kosuke Uchida coba mengejar pemain Persija, Rico Simanjuntak. Foto-Instagram.

bakabar.com, BEKASI – Sulit meningkatkan tempo permainan, Barito Putera harus mengakui keunggulan Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Senin (23/09).

Barito sebenarnya dalam kondisi pincang lantaran kehilangan tiga pemain sekaligus. Rafael Silva, Bayu Pradana dan Nazar Nurzaidin absen akibat akumulasi kartu.

Kuota kartu kuning Rafael sudah terpenuhi, sehingga harus minggir sekali. Sedangkan Nazar dan Bayu menerima kartu merah dalam pertandingan kontra Bhayangkara FC.

Sebagai pengganti Bayu, pelatih Djajang Nurjaman memberi Sackie Teah Doe kesempatan bermain. Sackie menggalang lini tengah bersama Evan Dimas dan Kosuke Uchida.

Namun Persija memulai pertandingan dengan tekanan yang lebih gencar. Untungnya mereka masih kesulitan menghasilkan peluang nyata.

Justru Barito yang lebih dulu mengancam di menit 5, menyusul kesalahan oper Fakhruddin Aryanto dan bola dicuri Rizky Rizaldi Pora.

Masuk ke kotak penalti, sepakan Rizky dapat diblok Xandao dan menghasilkan tendangan sudut. Dari set piece itu, sontekan Francisco Torres melambung.

Kemudian di menit 6 melalui freekick, Persija menghasilkan peluang pertama. Usaha itu tak memudahkan hasil, lantaran masih melenceng.

Persija nyaris unggul di menit 18 melalui sepakan jarak jauh Sandi Sute dari kanan lapangan. Kendati Muhammad Riyandi sudah mati langkah, si kulit bundar menghantam tiang.

Kesalahan kembali terjadi di lini belakang Persija. Giliran backpass Ismed Sofyan yang cukup lemah dan dapat dikejar Rizky. Situasi lantas diatasi Andritany Ardhiyasa dengan tangkapan akurat.

Memasuki 10 menit terakhir, Barito mulai keluar menekan. Hanya serangan mereka kerap gagal menembus sepertiga akhir akibat keterbatasan dukungan dari lini kedua.

Pun Persija tidak kalah buruk. Tercatat beberapa umpan akhir yang diarahkan kepada Marco Simic, tidak tepat sasaran.

Justru Persija melakukan pergantian tidak terduga di menit 40. Novri Setiawan mengalami cedera paha dan digantikan Heri Susanto.

Selepas turun minum, tensi pertandingan tidak banyak berubah. Tetapi Persija lebih beruntung, karena berhasil mencetak gol di menit 54.

Diawali crossing Riko Simanjuntak ke kotak penalti dan berusaha dijauhkan oleh Dandi Maulana. Maksud Dandi tak kesampaian, karena bola jatuh di kaki Heri.

Lantas dari kiri kotak penalti, Heri bergerak beberapa langkah untuk melepaskan kawalan, sebelum menyepak dari sudut sempit dan bersarang di kiri gawang.

10 menit pasca kebobolan, Barito melakukan pergantian pertama. Sackie yang terlihat kurang efektif, digantikan Ady Setiawan. Kemudian di menit 70, Dandi mengalami cedera engkel dan digantikan Donni Monim.

Di sisi lain, Persija masih mampu mendominasi penguasaan bola. Peluang bagus diperoleh di menit 76. Diawali kerja keras Riko dari sayap kanan dan mengumpan ke depan gawang.

Heri yang berdiri bebas di kotak penalti, langsung melepas tembakan. Gol tidak terjadi, karena Riyandi melakukan penyelamatan gemilang dengan menangkap bola.

Dalam tekanan tuan rumah, Barito membuang peluang menyamakan kedudukan di menit 86. Freekick Rizky yang membelah pertahanan tuan rumah, gagal diarahkan Torres dengan baik.

Padahal sang striker tinggal berhadapan dengan gawang. Itu menjadi peluang terakhir Barito yang menandai 5 kekalahan dari 11 pertandingan away di Liga 1 2019.

Dengan demikian, Barito belum beranjak dari peringkat 17 dengan 16 poin dari 20 pertandingan. Sementara Persija di urutan 13 dengan 20 poin yang diperoleh dari 18 pertandingan.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3)
Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Fakhruddin Aryanto, Xandao, Novri Setiawan (Heri Susanto ’40), Toni Sucipto, Rohit Chand, Sandi Sute; Ramdani Lestaluhu (Rachmad Hidayat ’66), Marco Simic, Riko Simanjuntak

Barito Putera (4-3-3)
Muhammad Riyandi; Gavin Kwan Adsit, Cassio de Jesus, Dandi Maulana, Roni Beroperay; Sackie Teah Doe, Evan Dimas, Kozuke Uchida; Samsul Arif, Francisco Torres, Rizky Rizaldi Pora.

Baca Juga:Link Live Streaming Persija vs Barito, Menanti Hasil Kelas Psikologi

Baca Juga:Senangnya Gilang Bersama Dua Pemain Barito U16 Turut Bantu Timnas Lolos ke Piala Asia

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner