Kalsel

BPBD Kota Banjarmasin Keluarkan Rilis Resmi Kebakaran Jalan Sulawesi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam sepekan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, disibukan dengan kebakaran yang…

Featured-Image
Kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Jalan Sulawesi Gang Musyawarah RT 16 RW 02, Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah pada Minggu (15/09) sore. Foto- Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Dalam sepekan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, disibukan dengan kebakaran yang melanda pemukiman warga. Kerugian yang diakibatkan kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah.

Terbaru, kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Jalan Sulawesi Gang Musyawarah RT 16 RW 02, Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah pada Minggu (15/09) sore.

BPBD Kota Banjarmasin mencatat ada 81 orang yang mengungsi akibat kebakaran yang menghanguskan 18 rumah di kawasan tengah kota tersebut.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Banjarmasin, Drs. H.M. Hilmi jumlah pengungsi tersebut berasal dari RT 12 dan RT 16. Rinciannya, RT 12 terdapat 3 buah rumah terbakar. Rumah tersebut dihuni 18 jiwa dari 5 kepala keluarga (KK). Sedang di RT 16 yang terletak di Jalan Sulawesi Gg Musyawarah terdapat 16 buah rumah hangus terbakar.

“Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya 18 buah rumah dan 1 bedakan 3 pintu terbakar,” papar Kalak BPBD Kota Banjarmasin, Drs. H.M. Hilmi dalam siaran persnya yang diterima bakabar.com.

“Untuk data sementara terdapat 81 jiwa yang mengungsi. Tapi data itu masih bisa bertambah karena terus dilakukan pendataan,” paparnya lagi.

Masih berdasarkan informasi dari Kalak BPBD Kota Banjarmasin, tak ada korban dalam bencana kebakaran tersebut, hanya terdapat 1 korban alami luka bakar 40% atas nama Syarifah Zainab (45) warga RT 16. Tim di lapangan pun masih menghitung kerugian dari insiden itu.

“Nilai aset keseluruhan (dari dua unit rumah yang terbakar) belum dapat ditaksir begitu juga dengan nilai aset kerugian dan nilai aset yang terselamatkan,” ucapnya.

Dikatakan Hilmi, terkait dengan musim kemarau ini memang menjadi salah satu pemicu kejadian kebakaran, bahkan dalam beberapa hari terakhir pihaknya menerima laporan kejadian kebakaran. Baik kebakaran di pemukiman warga maupun kebakaran pada lahan.

“Sedangkan terkait kebakaran rumah itu biasanya karena human error di manusianya, kebakaran rata-rata akibat arus pendek karena komponen-komponen dan instrumen listrik di dalam rumah terkait dengan sambungan tidak sesuai standar,” pungkas Hilmi.

Seperti diketahui, puluhan rumah yang berada di Jalan Sulawesi Gang Musyawarah RT 16 dan RT 12 RW 02, Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah pada Minggu (15/9) sore ludes dilalap api. Kebakaran diduga karena kompor salah satu warga yang masih menyala ditinggal pemiliknya.

Petugas pemadam kebakaran dibantu Polisi, TNI dan warga sekitar pun sempat alami kesulitan untuk memadamkan api lantaran kekurangan sumber mata air. Api baru berhasil dipadamkan petugas sekitar satu jam kemudian.

Baca Juga:BREAKING NEWS!!! Si Jago Merah Beraksi di Jalan Sulawesi

Baca Juga: Padamkan Api di Jalan Sulawesi, Emergency Manfaatkan Lumpur

Baca Juga: Imbas Kebakaran di Sulawesi! Traffic Light Sempat Padam, Pengguna Jalan Saling Serobot?

Baca Juga: Kebakaran di Jalan Sulawesi, 1 Penghuni Rumah Luka Bakar Serius

Baca Juga: Jerit Korban Kebakaran Jalan Sulawesi: "Kami Bingung Numpang di Mana"

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner