Kalsel

Berlangsung Khidmat, Ratusan Peserta Ikuti 4 Lomba MTQ Tingkat HST

apahabar.com, BARABAI – 202 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah…

Featured-Image
Bupati HST secara resmi membuka MTQ ke-42 di HST, Kamis (19/09) malam. Masrus for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – 202 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Itu belum termasuk 22 official, dan 8 orang pelatih dari masing-masing perwakilan 11 Kecamatan di HST.

MTQ akan digelar selama tiga hari. Terhitung sejak 19 hingga 21 September nanti. Ada 4 kategori yang akan dilombakan. Yakni, Tilawatil Qur'an, Hifzhil Qur'an, Syarhil Qur'an dan Tahmil Qur'an.

Keempat cabang lomba digelar ditempat terpisah, yaitu di Masjid Agung Riadhusshalihin, Masjid Shulaha, Masjid Al Maksum, Masjid Al Huda, MAN 1 dan MTsN 2 di Barabai.

Peserta dipisah. Yang mengkuti lomba Tilawatil Quran, Hifzhil dan lainnya tidak satu tempat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) HST, H Saipuddin mengatakan pelaksanaan MTQ memadukan seni, ilmu dan agama.

Tentunya sangat mendukung revolusi mental untuk lebih memahami isi kandungan Alquran

“Hal ini agar diamalkan dalam kehidupan sehari hari,” kata Saipuddin.

Pembukaan MTQ tingkat kabupaten tadi malam yang digelar di halaman Masjid Agung Riyadusshalihin berlangsung khidmat dengan lantunan salawat dan pembacaan syair dari kelompok Habsy MAN 2 Barabai.

Sebelum resmi dibuka oleh Bupati HST, HA Chairansyah, kelompok seni Sinoman Hadrah dari pelajar MAN 1 menyambut kedatangannya.

"Semoga penyelenggaraan MTQ ini tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur'ani,” kata Bupati usai membuka secara resmi MTQ itu.

Selain itu, bupati juga mengharapkan dengan adanya MTQ itu dapat melahirkan pemenang yang akan mewakili HST pada MTQ tingkat provinsi.

Tak luput, bupati mengapresiasi Kemenag HST yang telah memberikan dukungan yang luar biasa dengan memberikan hibah penyelenggaraan MTQ kali ini.

"Pelaksanaan MTQ kali ini mampu menggalang bantuan dana dari masyarakat yang sebelumnya tidak pernah terjadi pada penyelenggaraan MTQ sebelumnya," ungkap Bupati.

Baca Juga: Puluhan Peserta Ramaikan Lomba Panjat Dinding di POM ULM

Baca Juga: Rangkaian Harjad Banjarmasin, Ibnu Sina Tunjuk Pemenang Lomba 'Bakudak'

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner