Kalsel

Bantuan untuk Kebakaran Alalak Selatan Dihibahkan, Kenapa?

apahabar.com, BANJARMASIN – Sudah sepekan berlalu, simpati untuk korban kebakaran Alalak Selatan masih terus bertambah. Panitia…

Featured-Image
Kondisi posko penerimaan bantuan kebakaran di Masjid Su’ada Alalak Selatan. Foto-apahabar.com/Musnita

bakabar.com, BANJARMASIN - Sudah sepekan berlalu, simpati untuk korban kebakaran Alalak Selatan masih terus bertambah. Panitia posko penerima bantuan juga memastikan, seluruh korban mendapatkan jatah yang sama dan tercukupi.

"Alhamdulillah aman dan tertib, karena sistem pembagiannya menggunakan nomor," ungkap panitia posko penerima bantuan di Mesjid Su'ada Alalak Selatan kepada bakabar.com, Selasa (17/9) siang.

Bantuan masih terus mengalir hingga hari ini. Pantauan media ini, beberapa paket sembako, kompor gas, dan sejumlah bantuan lainnya nampak tersusun rapi di tenda posko panitia.

Pemandangan berbeda justru terlihat pada tenda sebelahnya. Sejumlah warga membaur diantara tumpukan pakaian bekas yang menggunung. Masing-masing memilih pakaian yang mereka sukai, beberapa bahkan langsung mencoba di tempat saat itu juga.

"ini sudah habis pilihan dari keluarga korban, makanya kami persilahkan warga yang lain ikut memilih,"

Agar bantuan tidak menjadi sia-sia, panitia akan menghibahkan sisa pakaian bekas tersebut kepada korban kebakaran di tempat yang lain.

"Karena kami sudah berkoordinasi dengan warga yang memiliki Truck Dump, Insya Allah jumat pagi akan dikirim ke Bati-Bati," jelas dia.

Sebelumnya, kejadian dugaan pencurian sempat menghebohkan kawasan padat penduduk itu. Dia menerangkan, hal itu terjadi karena kesalahpahaman semata.

"Masalah koordinasi saja, penyumbang saat itu melempar tas bantuan. Kemudian dia (terduga pelaku) menemukan dompetnya bukan mengambil sengaja. Makanya kami atasi secara baik-baik," terangnya.

Walau sejauh ini mendapatkan bantuan berlebih, namun rata-rata korban kebakaran mengeluhkan hal yang sama. Mereka lebih mengharapkan bantuan berupa uang tunai dan bahan material untuk pembangunan rumah permanen.

Pantauanbakabar.comdi lokasi kebakaran, sejumlah tenda bantuan pemerintah telah didirikan untuk warga, sekedar bernaung dari panas dan dingin namun telah dilengkapi fasilitas listrik dan lampu. Beberapa memenuhi tendanya dengan sisa-sisa barang yang masih bisa diselamatkan oleh mereka dan sejumlah bantuan yang ikut menumpuk tenda kecil tersebut.

img

Kondisi lokasi pasca kebakaran Alalak Selatan. Foto-bakabar.com/Musnita Sari

Baca Juga: Selama Karhutla di Batola, Camat Dilarang Meninggalkan Wilayah

Baca Juga: Sosok Akhmad, Pemenggal Kepala Bocah SD Limpasu HST di Mata Warga

Baca Juga: Kebakaran Marak, Donor Darah Meningkat

Baca Juga: Selama Uji Lab, PT Talenta Diminta Benahi Pengendalian Debu

Reporter: Musnita SariEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner