Kalsel

Pemkab Banjar Gelar Festival Pangan Lokal di Harjad Kabupaten

apahabar.com, MARTAPURA – Memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui…

Featured-Image
Bupati Banjar, KH Khalilurrahman saat mengunjungi Stand Festival Pangan Lokal di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

bakabar.com, MARTAPURA – Memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) menggelar Festival Pangan Lokal, Beragam, Bergizi, dan Aman (B2SA) pada Kamis (15/8/2019) sekitar pukul 09.00 Wita.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Pemkab Banjar tersebut dihadiri oleh Bupati Banjar, Sekda Banjar, Dandim 1006, Kapolres Banjar serta para pejabat Pemkab.

Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Banjar, Eddy Hasby menyampaikan, kegiatan tersebut mengangkat tema "Meningkatkan kreativitas dan inovasi pengolahan hasil pangan di Kabupaten Banjar".

“Tujuan kita menyelenggarakan kegiatan ini untuk menumbuhkan niat dan minat masyarakat untuk mengelola potensi bahan pangan lokal yang sehat dan aman dengan komposisi gizi yang seimbang. Untuk memberikan nilai ekonomi dan nilai tambah pengolahan dan bermanfaat serta menjadikan produk pangan lokal yang berkelanjutan,” ujarnya.

Kegiatan itu, sambung Eddy, juga bertujuan untuk menumbuhkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, agar kebutuhan protein masyarakat terpenuhi, juga untuk menyehatkan anak-anak. Selain itu, juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempertahankan budaya Banjar.

Eddy mengungkapkan, jika acara Festival tersebut diikuti oleh 20 Kecamatan namun karena 1 Kecamatan berhalangan hadir, maka hanya19 Kecamatan saja.

“Jadi Kecamatan yang tidak bisa berhadir pada hari ini adalah Kecamatan Paramasan, yang jaraknya juga cukup jauh dari tempat diselenggarakannya kegiatan ini,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banjar KH. Khalilurrahman mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Dengan diadakannya lomba ini dapat memperkenalkan beraneka macam masakan khas Banjar yang bergizi seimbang dan aman serta enak,” pungkas Guru Khalil.

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini

Tags
Kalsel


Komentar
Banner
Banner