Kalsel

Merasa Ditipu, Puluhan Jemaah Haji Banjarmasin Ngluruk ke Travellindo

apahabar.com, BANJARMASIN – Merasa tertipu oleh agen keberangkatan umrah dan haji, puluhan calon jemaah haji plus…

Featured-Image
Merasa tertipu oleh agen keberangkatan umrah dan haji, puluhan calon jemaah haji plus mendatangi kantor Travellindo Tours & Travel, Jalan Pangeran Hidayatullah, Banjarmasin, Kamis pagi. Foto-apahabar.com/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN – Merasa tertipu oleh agen keberangkatan umrah dan haji, puluhan calon jemaah haji plus mendatangi kantor Travellindo Tours & Travel, Jalan Pangeran Hidayatullah, Banjarmasin, Kamis (1/8).

Tahun ini, mereka yang umumnya berasal dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel itu gagal diberangkatkan menuju tanah suci. Padahal disebutkan mereka telah melunasi seluruh biaya keberangkatan.

Informasi dihimpun, rata-rata mereka telah menyetorkan uang ke agen hingga ratusan juta rupiah. Bahkan ada yang sudah menyetorkan uang untuk ditukar dengan mata uang riyal.

Zaitun warga Banjarbaru, salah satu korban mengatakan para calon jemaah yang datang telah dijanjikan berangkat pada tahun ini.

"Namun hingga kini tak ada penjelasan lebih lanjut, owner-nya juga tidak ada,” kesalnya, saat dijumpai bakabar.com.

Ironisnya, lanjut dia, para calon jemaah haji ini telah mengikuti tiga kali manasik haji pada bulan lalu. Demikian dari 10,16 dan 24 Juli 2019.

Biaya kesehatan berupa vaksin yang cukup mahal juga Zaitun gelontorkan untuk memenuhi syarat keberangkat haji.

Namun semua anggaran yang mencapai ratusan juta telah dikeluarkannya sejak 2012 tersebut diduga lenyap begitu saja.

Bersama jemaah lain, Zaitun dan suami tidak bisa menunaikan rukun islam kelima itu, usai diberitahukan petugas travelindo pada 2 hari lalu atau Selasa (30/7).

“Sampai saat ini tidak ada kepastian, seandainya sejak 2 bulan lalu dibilang tidak berangkat maka kita akan pindah travel, tak perlu mengharapkan lagi,” kata Zaitun.

Tidak bisa berangkatnya puluhan jamaah haji tersebut diduga karena ada masalah dengan manajemen agen Travelindo Tours dan Travel.

Beberapa problem-nya yakni visa yang diurus manajemen Travelindo belum bisa keluar. Lalu manajemen juga dipastikan tak membayar biaya katering, jemaah haji.

Diketahui Travelindo Tours dan Travel ini salah satu usaha milik Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel, Supriadi. Sejuah ini belum ada konfirmasi resmi dari Supriadi.

“Harusnya telah disiapkan sejak beberapa tahun lalu. Ini semua mereka siapkan untuk menipu kita,” bebernya.

img

Buntut dugaan penipuan itu agen Travelindo Tours dan Travel tengah diperiksa jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel dan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Foto-bakabar.com/Baha

Baca Juga:Habar Haji 2019; Suhu Hingga 50 Derajat Celcius, CJH Kalsel Terus Dipantau

Baca Juga:169 Calon Jemaah Haji Dilepas Bupati Kobar

Reporter: Bahaudin Qusairi Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner