Kalsel

Menggali Potensi Wisata di Kampung Sungai Biyuku

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Awan Subarkah berharap masyarakat Banjarmasin bisa menggali potensi…

Featured-Image
Kampung Sungai Biyuku kini menjadi destinasi baru bagi masyarakat Banjarmasin, terletak di Sungai Andai, Banjarmasin Utara. Foto- Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Awan Subarkah berharap masyarakat Banjarmasin bisa menggali potensi wisata yang ada di daerahnya masing-masing. Sehingga dapat menambah daftar destinasi wisata di Banjarmasin.

Dikatakan Awan yang juga Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), ini seiring mulai munculnya tempat wisata baru di Banjarmasin sehingga dia menilai mulai adanya kesadaran masyarakat berpartisipasi menggali potensi wisata untuk kemajuan Kota Banjarmasin.

"Yang terbaru itu kan Kampung Sungai Biyuku di Sungai Andai, Banjarmasin Utara. Di sana katanya hasil swadaya masyarakatnya yang bergotong royong menghidupkan wilayahnya sehingga berpotensi menjadi tempat wisata terbaru. Jadi, masyarakat lainnya patut mencontoh untuk menggali potensi wisata yang ada di daerahnya," kata Awan kepada awak media, Senin (5/8).

Awan juga mengungkap bahwa sekarang sudah banyak didapati wisata kuliner baru yang hadir di wilayah Banua Anyar dan berpotensi menjadi destinasi kuliner di Banjarmasin.

"Perlu juga kampung atau ketua RT menggerakkan masyarakatnya dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sehingga muncul ide-ide potensi apa yang muncul dari kampungnya sebagai tempat wisata, bisa taman, bisa tempat kuliner, sesuai potensi kampungnya masing-masing,"ujarnya.

Awan juga menilai peranan pemerintah kota dalam hal ini Dinas Pariwisata Banjarmasin dalam hal promosi perlu adanya peningkatan.

"Peran Pemko dalam hal promosi bisa ditingkatkan lagi melalui website atau memanfaatkan media sosial, dibuat iklan singkat. Sekarang ini kan sudah zaman model, istilahnya diviralkan untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk destinasi perlu dapat suntikn dana bagi masyarakat setempat dari dinas terkait pemerintah kota untuk mengembangkan wisata," pungkasnya.

Baca Juga: Hasil Lestarikan Buah Lokal Hutan Kalsel, Hanif Terima Kalpataru

Baca Juga: Semula Pengusir Hama, Refugia Iyan Jadi Tempat Selfie

Baca Juga: Sungai Biyuku dan Kampung Salanjung, Destinasi Wisata Baru di Banjarmasin Utara

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner