Kalsel

Kisruh Dana PPKMB, Ketua BEM ULM Dinonaktifkan

apahabar.com, BANJARMASIN – Taufik Hidayat dinonaktifkan dari jabatan tertinggi di Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat…

Featured-Image
Universitas Lambung Mangkurat. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Taufik Hidayat dinonaktifkan dari jabatan tertinggi di Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (BEM-ULM).

Gara-garanya, Taufik diduga menggelapkan dana Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menuntut dana yang seharusnya disalurkan ke-18 UKM.

Mereka menuding Taufik tak transparan terhadap dana yang sudah dicairkan oleh pihak Kampus atas proposal yang diajukan sebagai ganti dana kegiatan. Disebutkan hanya 5 UKM saja yang mendapatkan penyaluran dana.

“UKM lain tidak dapat dana, diketahui hanya ada sebagian UKM yang mendapatkan dana. Ini berawal dari inisiatif Taufik untuk mengajukan proposal ke pihak Universitas, dana itu lalu cair, tetapi bukannya dibagikan sebagai ganti lelah 18 UKM yang ada. Justru hanya ada beberapa UKM saja yang mendapatkan dana. Tentu UKM lain mempertanyakan soal ini,” sebut AB, sumber terpercaya media ini di ULM, Kamis (29/8).

Untuk menggelar PKKMB, ULM disebutkan menggelontorkan dana kurang lebih tujuh juta rupiah.

Buntut dari kisruh ini, ULM sudah menggelar rapat mediasi untuk menghadirkan bukti dan kesaksian dari Keluarga Mahasiswa (KM) ULM.

Turut hadir sejumlah pengurus BEM, serta Hendrawan selaku penanggung jawab PKKMB ULM Regional Banjarmasin, serta Wakil Rektor 2 dan Kasubag BAAK.

Taufik sendiri yang tak berada di Banjarmasin, melalui panggilan video, mengakui bahwa seluruh proses pengajuan proposal hingga pencairan dana dilakukan seorang diri tanpa diketahui anggota lain.

Atas kesepakatan sejumlah organisasi mahasiswa, rapat tersebut memutuskan untuk menonaktifkan Taufik sebagai Ketua BEM ULM.

Dikonfirmasi, Taufik berdalih jika dana PKKMB sudah dibagikan kepada semua UKM namun dengan nominal yang bervariatif.

“Tidak benar apa yang dituduhkan tersebut. Saya sudah membagikan dananya kepada seluruh UKM. Memang di awal saya membagikan separuh dari dana itu kepada UKM setelahnya saya meminta mereka melaporkan hasil kegiatan berupa foto kegiatan,” tuturnya.

Baca Juga: Orangtua dan Alumni Ikut Kuliah Perdana Bersama Mahasiswa Baru PSKM ULM

Baca Juga: Mahasiswa Papua Minta Asrama, Rektor ULM: Kami Usahakan

Baca Juga: Papua Memanas, ULM Kumpulkan Puluhan Mahasiswa Papua di Kalsel

Baca Juga:FISIP ULM Luluskan Ratusan Sarjana Hingga Buka Prodi Baru

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner