Kalsel

Gugah Kesadaran Warga Jaga Lingkungan, Hawang Dipilih Menjadi Kampung Bebas Karhutla

apahabar.com, BARABAI –  Desa Hawang Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih menjadi kampung bebas…

Featured-Image
Bupati HST, HA Chairansyah memukul gong tanda diresmikan Desa Hawang sebagai kampung bebas karhutla dalam kegiatan pencanagan kampung bebas karhutla. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Desa Hawang Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih menjadi kampung bebas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Mengingat seluruh warga Hawang sadar akan kerugian yang diakibatkan oleh Karhutla, maka diberikanlah apresiasi,” kata Kapolres HST, AKBP Sabana Atmojo saat menggelar kegiatan pencanangan kampung bebas Karhutla di Hawang yang dihadiri Forkopimda HST, Rabu (28/8/2019).

Kesadaran itu, kata Sabana terlihat dari warga dengan karakteristik wilayah Limpasu yang memiliki luas 77,49 km². Terdiri dari Perkebunan dan Pertanian bebas dari Karhutla.

Karhutla beberapa tahun terakhir ini, lanjut Sabana menimbulkan kerugian negara yang sangat besar. Hingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional bahkan penyakit Ispa akibat menghirup udara yang bercampur asap Karhutla.

Indonesia mendapat pandangan negatif di mata dunia dengan asap yang ditimbulkan dari Karhutla itu.

“Mari bahu membahu untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla di 2019 ini,” pesan Sabana.

Pencanangan kampung bebas Karhutla itu mendapat apresiasi dari Komandan Kodim (Dandim) 1002 Barabai, Letkol Inf Nur Rohman Zein dan Bupati HST, HA Chairansyah.

Zein mengatakan pencegahan Karhutla membutuhkan keterlibatan semua pihak dan seluruh elemen masyarakat untuk menekan terjadinya Karhutla di HST demi kesuburan dan kemakmuran warga bumi Murakata.

Sementara Chairansyah mengatakan, pencanangan Kampung Bebas Karhutla di desa Hawang merupakan salah satu upaya pencegahan kebakaran itu sendiri. Melalui koordinasi integritas, kometmen dan kepedulian yang kuat dari semua pihak khususnya di bumi Murakata hal ini bisa terwujud.

“Oleh karena itu, dicanangkannya kampung bebas Karhutla sangat baik ditumbuh-kembangkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat terkait pencegahan Karhutla,” ujar Chairansyah.

Turut hadir dalam acara ini Kajari HST yang diwakili Handa, Karutan kelas II B Barabai, Ketua Pengadilan Agama Barabai, Kepala Kemenag HST, BPBD HST, Tokoh masyarakat, agama, pemuda serta anggota Tagana dan Tim Satgas Karhutla 2019 HST.

Baca Juga: Karhutla di Desa Cindai Alus, Api Hampir Jilat Rumah Warga

Baca Juga: Gubernur Kalsel Minta Bupati dan Wali Kota Turun Langsung Atasi Karhutla

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner