Kalsel

Tanah Amblas, Jalur Penghubung Kalumpang dan Masta Margasari Putus

apahabar.com, KANDANGAN – Bencana alam melanda Kalimantan Selatan. Tanah amblas di Desa Karang Paci, Kecamatan Kalumpang….

Featured-Image
Camat Kalumpang saat meninjau jalan amblas di Desa Karang Paci Kecamatan Kalumpang bersama balai jalan, nasional wilayah XI BJM, Rivani. Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN - Bencana alam melanda Kalimantan Selatan. Tanah amblas di Desa Karang Paci, Kecamatan Kalumpang. Buntutnya, jalur penghubung Kecamatan Kalumpang dengan Masta Margasari pun putus.

Jalur yang amblas itu tepatnya berdekatan dengan Jembatan Muara Tabirai, perbatasan Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan Kabupaten Tapin. Oprit yang amblas tepat masuk wilayah HSS.

“Walau jalan itu amblas, masih bisa dilakui kendaraan roda dua. Sementara pengendara mobil wajib berhati-hati kalau memang mau melintas," kata Camat Kalumpang, Aulia Sofi Azmi SSTP, Selasa (16/7/2019).

Menurut Aulia Sofi Azmi, jalan yang amblas terjadi Selasa (16/7/2019) pagi. Lubang jalan yang amblas cukup dalam dengan radius 20 meter.

Dirinya pun selaku camat Kalumpang sudah memberikan imbauan pada warga dan di media sosial untuk kendaraan roda 4 sangat disarankan untuk mencari jalan alternatif lain.

Disampaikan juga oleh Camat Kalumpang, berdasarkan informasi Dinas PUTR HSS, status ruas jalan dimaksud adalah jalan nasional. Maka kewenangan penanganan dan perbaikan jalan tersebut di bawah Kementerian PUPR.

"Informasi ini sudah kami sampaikan melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin," katanya.

Disampaikan Camat Kalumpang kembali, ia meninjau langsung jalan amblas bersama Balai Jalan Nasional Wilayah XI Banjarmasin, Rivani.

Rivani mengatakan, besok akan dilakukan penanganan sementara, yaitu menutup jalan yang berlubang agar tidak masuk air. Dan tidak melakukan penambalan jalan sementara agar menjadi lebih lebar, supaya bisa dilalui kendaraan.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PU HSS, Fatimah mengatakan, Pemkab HSS dalam hal ini Dinas PUTR akan melaporkan kepada Balai Jalan Nasional Wilayah XI Banjarmasin agar segera dilakukan perbaikan.

“Untuk sementara jalan masih bisa dilalui. Karena sebelah jalan saja yang amblas, ada penurunan . Kami sudah memasang rambu peringatan kepada mereka yang mau melintas. Kita juga sudah menginformasikannya ke Balai Jalan Nasional,” pungkas Fatimah.

img

Camat Kalumpang saat meninjau jalan amblas di Desa Karang Paci Kecamatan Kalumpang bersama balai jalan, nasional wilayah XI BJM, Rivani. Foto-Istimewa

Baca Juga: Bakti Sosial Hingga Sunatan Massal Meriahkan HUT Kodam IV Mulawarman

Baca Juga: TNI Terjun ke Sekolah, Bantu PLS

Reporter: SimahEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner