Kalsel

Sidak di Puskesmas, Abdi Rahman Soroti Kekosongan Obat dan Antrean Pasien

apahabar.com, PELAIHARI – Wakil Bupati (Wabub) Tanah Laut (Tala), Abdi Rahman menyoroti keterbatasan obat dan panjangnya…

Featured-Image
Wabup Tala Abdi Rahman berbincang dengan pasien saat sidak di Puskesmas Pelaihari. Foto- Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI - Wakil Bupati (Wabub) Tanah Laut (Tala), Abdi Rahman menyoroti keterbatasan obat dan panjangnya antrean pasien saat melakukan sidak di Puskesmas Pelaihari dan Puskesmas Tirtajaya pada Senin (1/7/2019).

"Persoalan ini harus segera diatasi agar pelayanan pasien yang datang puas," kata Abdi Rahman.

Mantan anggota DPRD Tala ini sidak ke Puskesmas Pelaihari sekitar pukul 07.30 Wita, kemudian langsung menyapa warga dan para petugas Puskesmas Pelaihari. Ia langsung mengecek daftar hadir para pegawai di ruang tata usaha.

“Tadi saya lihat ada beberapa petugas paramedis atau dokter yang belum ada tanda tangannya di daftar absen, padahal pasien sudah banyak yang mengantri,” ujarnya.

Ia mengatakan Puskesmas Pelaihari masih kekurangan tenaga apoteker. Tak hanya itu Abdi Rahman menyoroti banyaknya antrean yang ada, “Padahal di Ruangan Poli masih ada yang kosong dan tidak ada pelayanan, namun kenapa antrian masih membludak, saya harap cepat dicarikan solusinya, agar pelayanan menjadi lebih baik lagi,” tutur Abdi.

Usai melakukan pengecekan daftar hadir Wabup Tala Abdi Rahman ditemani Kepala Puskesmas Pelaihari H. Muhroji pun memeriksa satu persatu ruangan yang ada, Abdi pun menyayangkan karena ada beberapa ruangan yang agak berantakkan.

“Tadi saya lihat ada beberapa ruangan masih berantakan, saya berharap semuanya bisa dirapikan meski kita tau bersama infrastruktur Puskesmas ini belum memadai sehingga kita harus memaksimalkan dengan yang ada,” ucapnya.

Tak hanya itu, Abdi Rahman mengaku bahwa ia mendapat keluhan dari dokter Internship mengenai kelengkapan obat, “Para dokter mau meresepkan tapi obatnya tidak ada di sini, kita akan lakukan perencanaan proses pengadaannya, akan kita selesaikan segera,” jelasnya.

Kepala Puskesmas Pelaihari H. Muhroji mengatakan bahwa bangunan dari Puskesmas Pelaihari belum memenuhi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75, namun ia mengatakan bahwa itu tidak menjadi alasan bagi pihaknya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Kita selama ini memaksimalkan keterbatasan yang ada, saat ini Puskesmas Pelaihari melayani sekitar 40 ribu penduduk di Kecamatan Pelaihari, dan kami memiliki petugas sekitar 78 orang,” katanya.

Usai melakukan sidak ke Puskesmas Pelaihari, Wabup Tala Abdi Rahman melanjutkan sidak ke Puskesmas Tirtajaya, sesampainya disana Wabup tala pun langsung melakukan pengecekan setiap ruangan dan daftar absen petugas Puskesmas.

Abdi Rahman pun meminta kepada Kepala Puskesmas Tirtajaya agar setiap pukul 07.30 Wita mengirimkan foto daftar absen kepada ajudannya.

“Kehadiran ini sangat penting, jika seorang petugas tidak absen atau lupa absen berarti dia juga lupa bekerja,” tandas Abdi.

Baca Juga: Warga Terdampak Renovasi Jembatan Sungai Lulut Tagih Janji Ibnu Sina

Baca Juga: Kualitasnya Menggembirakan, Sukamta Puji ProgramKB

Reporter: AHC14
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner