Kalsel

Senin Sekolah Lagi, Pedagang Seragam Panen

apahabar.com, MARABAHAN – Sehari menjelang tahun ajaran baru yang dimulai, Senin (15/07/2019), pedagang seragam sekolah di…

Featured-Image
Salah seorang pedagang seragam sekolah sedang melayani pembeli di Pasar Baru Marabahan. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN – Sehari menjelang tahun ajaran baru yang dimulai, Senin (15/07/2019), pedagang seragam sekolah di Pasar Baru Marabahan panen pembeli.

Dibandingkan momen biasa, sekarang satu pedagang bisa melayani 10 hingga 20 pembeli per hari. Mereka semakin semringah, mengingat rata-rata pembeli tidak hanya membeli satu item.

“Sebenarnya peningkatan sudah terasa dalam setengah bulan terakhir. Sebaliknya kalau sudah mulai sekolah, penjualan seragam per bulan sunyi lagi,” papar Mahmudin, salah seorang pedagang, Minggu (14/07/2019).

Hampir semua seragam tersedia di toko Mahmudin. Mulai dari SD sederajat hingga SMA sederajat, termasuk setelan Pramuka dan aksesoris lain seperti tali komando dan baret.

“Sekarang penjualan per item bisa 20 sampai 30 per hari. Untungnya pengiriman barang dari Banjarmasin juga lancar, sehingga kami punya banyak stok,” jelas Mahmudin.

Harga baju sekolah yang ditawarkan bervariasi sesuai ukuran. Mulai dari Rp45 ribu hingga Rp75 ribu. Sedangkan celana panjang seharga Rp75 ribu hingga Rp100 ribu.

“Lebih mudah kalau si anak yang dibawa langsung ketika membeli supaya tidak salah ukuran. Namun kalau sudah terlanjur dibeli, kami juga melayani pembeli yang ingin bertukar ukuran,” sahut pedagang lain bernama Hj Imai.

Kebanyakan pembeli membawa anak yang bukan siswa baru. Penyebabnya beberapa sekolah menyediakan seragam yang dapat langsung ditebus, ketika pendaftaran ulang siswa baru.

“Habis Rp350 ribu untuk belanja dua baju putih, satu stel pakaian Pramuka. Saya juga membeli emblem, karena kebetulan ukuran baju anak saya yang masih SD, sudah seukuran anak SMP,” jelas Supiansyah, warga Basahab.

“Memang harga sedikit lebih mahal daripada membeli di Banjarmasin. Namun kalau mempertimbangkan ongkos transport ke Banjarmasin, harga yang ditawarkan sudah sepadan,” tandasnya.

Baca Juga: FKH Bagi Bibit Pohon Gratis, Satu Jam langsung Ludes

Baca Juga: Isyarat Kepergian Rindi, Calon Pengantin yang Tewas Ditusuk di Kandangan

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner