Sport

Review Persebaya vs Barito Putera: Imbang Lagi

apahabar.com, SURABAYA – Unggul lebih dulu, Barito Putera harus puas bermain 2-2 kontra Persebaya Surabaya di…

Featured-Image
Foto-Ig Persebaya

bakabar.com, SURABAYA – Unggul lebih dulu, Barito Putera harus puas bermain 2-2 kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (09/07/2019).

Kondisi kedua klub bermain dalam kondisi berbeda. Persebaya baru saja menggasak Persib Bandung 4-0, sedangkan Barito diimbangi Perseru Badak Lampung 2-2.

Persebaya berusaha langsung menekan. Namun tidak terdapat peluang berarti hingga menit 10. Sedangkan Barito berusaha menahan bola lebih lama, sembari mengkombinaskan long pass untuk mencari celah.

Dalam sepuluh menit berikutnya, bola lebih banyak bergulir di tengah lapangan. Persebaya agak kesulitan menembus pertahanan Barito yang cukup disiplin.

Kesempatan diperoleh Irfan Jaya di menit 24, menyusul serangan dari kanan. Namun sepakan Irfan dari dalam kotak penalti, masih jauh melambung.

Tak lama kemudian, serangan yang dirancang Manu menghasilkan situasi tiga melawan dua. Osvaldo Haay malah menghancurkan skema itu dengan langsung menendang dari sudut sempit.

Barito membalas melalui akselerasi Lucas Silva hingga sepertiga akhir tuan rumah di menit 26. Bola dioper kepada Samsul Arif dan dilanjutkan crossing. Tetapi sundulan Rafael Silva mudah diamankan

Sulit membuat peluang, Barito mulai melepas sepakan jarak jauh. Salah satunya dilakukan Rizky Pora di menit 35. Meski tangkapan tidak lengket, usaha Rizky belum memecah kebuntuan.

Peluang bagus diperoleh Persebaya di menit 37. Manu Jalilov dalam posisi bebas menyontek umpan Irfan di kotak penalti. Tetapi si kulit bundar masih sedikit melenceng dari sasaran.

Semenit menjelang turun minum, usaha Daniel juga belum membuahkan hasil. Menyundul umpan silang sambil membelakangi gawang, bola juga melebar.

Mengawali babak kedua, Barito nyaris mencetak gol. Diawali freekick Samsul, bola jatuh di kaki Andri Ibo dan mengarah ke gawang. Usaha itu dimentahkan refleks Miswar.

Kemudian di menit 52, usaha Evan Dimas juga belum memberi hasil. Kembali tangkapan Miswar tidak lengket, kendati bola masih dapat diamankan kemudian.

Dua peluang beruntun didapat persebaya di menit 53. Sepakan Osvaldo dapat ditepis Aditya Harlan. Kemudian rebound yang disambar Jalilov, dapat diblok Doni dan cuma menghasilkan tendangan sudut.

Memasuki menit 55, peluang Persebaya kembali mentah. Sepakan Irfan dari kanan dalam kotak penalti, terlalu tinggi melintasi mistar gawang.

Akibat tekanan tuan rumah, praktis Barito kesulitan mengkreasikan peluang. Tembakan dari luar kotak penalti pun tampaknya menjadi pilihan terbaik.

Di sisi lain, Persebaya mendapatkan peluang lagi di menit 65 melalui tendangan gunting Jalilov. Namun seperti kans-kans sebelumnya, bola tak kunjung mengarah ke gawang.

Lain lagi usaha Novan Sasongko di menit 67. Menendang dari kanan depan kotak penalti, bola berhasil ditepis Aditya untuk menghasilkan tendangan sudut.

Justru Barito yang berhasil mencetak gol di menit 70. Crossing Rizky dari kiri sedikit terken ke kepala Mohamad Syaifudin. Ketika memantul ke tanah, si kulit bundar disambar Rafael ke gawang.

Hanya semenit berselang, Barito nyaris menggandakan keunggulan. Roni Beroperay yang melakukan overlap, dapat menguasai umpan tarik Rafael. Namun sepakan Roni kurang terarah.

Lantas di menit 77, Aditya mengamankan keunggulan Barito dengan menangkap sundulan Otavio Dutra pasca tendangan bebas Lizio.

Usaha keras Persebaya baru membuahkan hasil di menit 78. Umpan tarik Ruben dari kiri kotak penalti melewati kaki-kaki tiga pemain Barito di depan gawang, sebelum dibelokkan sontekan Lizio.

Melalui proses yang sama di menit 81, Persebaya nyaris berbalik unggul. Tetapi Barito masih beruntung, karena sundulan Jalilov membentur mistar.

Akhirnya situasi serupa benar-benar membuahkan gol untuk Persebaya. Lolos di kiri kotak penalti, Ruben melepas umpan lambung dan disundul Jalilov dengan akurat.

Tetapi pertandingan belum berakhir. Barito terhindar dari kekalahan berkat brace Rafael di menit 91. Melalui diving header, striker berpaspor Brasil itu meneruskan umpan Ferdiansyah.

Tak lama kemudian, pertandingan pun berakhir. Meski gagal menang, Barito resmi keluar dari zona degradasi. Dengan 4 poin, Laskar Antasari menduduki peringkat 15.

Sedangkan Persebaya masih menghuni jajaran empat besar. Bajul Ijo mengemas 12 poin, mereka tertinggal 4 poin dari Bali United di peringkat teratas.

Baca Juga: Teka Teki Pemilihan Pemain di Bawah Mistar Gawang Barito Hadapi Persebaya

Baca Juga:Tekad Yunan Lanjutkan Tren Positif

Baca Juga: Sambut Kompetisi Liga 3 2019, Persetala Disuntik Pengusaha Lokal

Baca Juga: Rahasia Barito Sukses Balas Kekalahan dari Persib U16

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner