Kalsel

Program TMMD di Banjarmasin Sasar 979 Meter Jalan dan 13 Jembatan

apahabar.com, BANJARMASIN– Untuk Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, Kodim 1007/Banjarmasin mengambil lokasi di Jalan…

Featured-Image
Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Norpid Arif bersama Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin Aliansyah meninjau lokasi TMMD di Jalan Kuin Kecil Ujung. Foto- apahabar.com/Ahya Firmansyah

bakabar.com, BANJARMASIN– Untuk Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, Kodim 1007/Banjarmasin mengambil lokasi di Jalan Kuin Kecil Ujung, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Dikemukakan Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif, pembangunan fisik akan difokuskan pada jalanan utama sepanjang 979 meter untuk dilakukan perbaikan.

“Jadi program TMMD di Kuin Kecil ini membangun sasaran fisiknya 979 meter jalan, dan ditambah 13 jembatan, 2 gorong-gorong. Itu menjadi fokus, tetapi ada tambahan di luar pembangunan fisik itu tadi, yaitu membedah empat buah rumah dan satu musalla nantinya,” ujar orang nomor satu di Kodim 1007/Banjarmasin ini.

Norpid menambahkan, sejak mulai dicanangkan, materil seperti cerucuk galam, kayu ulin untuk jembatan, dan biotek untuk pelapis pengurukan tanah sudah masuk ke lokasi TMMD dan saat ini sudah dilakukan penyiringan jalan.

“Banyak yang mencoba membantu kegiatan TMMD kali ini, salah satunya CSR dari Pelindo,” kata Nopid.

Ditanyakan perihal anggaran, Nopid menjelaskan program TMMD sendiri adalah MoU bersama Mendagri sehingga ada prosedur pelaksanaannya. Setiap satu tahun dilaksanakan sebanyak 3 kali, di Banjarmasin sendiri akan dilaksanakan lagi di tahun 2021.

“Jadi, pelaksanaannya dua tahun sekali, anggarannya diposkan dari Pemko dan dari TNI. Kalo anggaran Pemko hanya bisa dapat 500 meter, tetapi kita coba maksimalkan bersama TNI agar bisa dapat sampai 700 meter jalan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, anggaran belanja TMMD di Jalan Kuin Kecil Ujung akan memakan dana sebesar Rp.955,821,621.

"Selain pembangunan fisik, TMMD juga membangun non fisik. Seperti akan adanya penyuluhan hortilkultura, Palawija dari Dinas Pertanian karena melihat warga di sini kebanyakan bekerja sebagai petani. Lalu, penyuluhan nanti seperti tentang narkoba, keamanan dan ketahanan. Ini sesuai dengan visi Pemko membangun dari pinggir kota agar menguatkan kota Banjarmasin sendiri bila pembangunan di sini sudah bagus,"pungkasnya.

Baca Juga: Mapala Meratus Siap Tanam 600 Pohon Mangrove di Lokasi TMMD

Baca Juga: Dandim Dibonceng Anggota Dewan Tinjau Lokasi TMMD

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: syarif



Komentar
Banner
Banner