Sport

Prestasi Dayung Banjarmasin Dinilai Menurun, Pengusaha Diminta Ikut Bantu

apahabar.com, BANJARMASIN – Berjuluk Kota Seribu Sungai, bukan berarti Banjarmasin punya prestasi bagus di olahraga dayung….

Featured-Image
Ilustrasi olahraga dayung. Foto-net.

bakabar.com, BANJARMASIN – Berjuluk Kota Seribu Sungai, bukan berarti Banjarmasin punya prestasi bagus di olahraga dayung. Belakangan dirasa menurun, Wakil Wali Kota, Hermansyah berharap, pedayungnya dapat menorehkan prestasi lebih.

Hermansyah mengakui, jika dulu memang banyak prestasi individu dan tim dayung Banjarmasin lahir di kancah nasional maupun Internasional. Ia pun berharap capaian tersebut kembali terulang.

Harapan itu ia sampaikan ketika melepas 18 pedayungnya yang terjun di Kejurnas memperebutkan piala Kepala Staf TNI Angkatan Laut di Jakarta, 22 Juli nanti.

“Ini merupakan momentum kebangkitan olahraga dayung di Banjarmasin. Padahal Banjarmasin julukan Kota Seribu Sungai, tetapi atlet dayung kita menurun performanya,” ungkap Hermansyah pada acara pelepasan kontingen dayung di Balai Kota, Kamis (18/07/2019).

Menurutnya, kejuaraan nasional itu juga ikut mempengaruhi pengalaman, semangat dan motivasi atlet dayung dalam menghadapi persiapan laga selanjutnya.

Kegiatan yang dimaksud Ketua KONI Banjarmasin itu yakni PON Papua dan Porprov di Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel.

Di sana, Hermansyah mengharapkan para atlet bisa memperoleh kemenangan sehingga membuat Banjarmasin kembali ke puncak kejayaannya.

Apalagi, dari 18 atlet yang diberangkatkan, rata-rata para atlet berpengalaman di bidang olahraga dayung.

“Ini perlu kita tingkatkan lagi tempo latihan dan fasilitas penunjang lainya untuk membentuk metal dan fisik atlet,” terangnya.

Demi mencapai target itu, Herman menghimbau para pengusaha daerah bisa ikut berpartisipasi dalam penunjang prestasi atlet. Minimal dengan memberikan semangat dan membantu dengan sedikit CSR untuk fasilitas lainnya.

Fasilitas yang dimaksud yakni tempat usaha serta latihan seperti perahu dan dayung.

“Pelepasan ini adalah komitmen kita biar lebih dikenal, makanya perlu bantuan pengusaha untuk menambah fasilitas,” terangnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banjarmasin, Taufik Rifani akan terus melakukan kaderisasi atlet dayung. Demikian untuk menyesuaikan target yang ingin dicapai Kota Banjarmasin.

“Kita jenjangkan pembenahan program olahraga. Dan sebagian dilakukan bertahap untuk mencapai mimpi,” ujarnya.

Baca Juga: Sulbar Adopsi Sistem Pembinaan Atlet Kalsel

Baca Juga: Tak Ada Anggaran untuk Try Out Atlet PON Kalsel

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner