Kalsel

Memuaskan, Panen Perdana Jagung Hibrida di Balangan

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin, menghadiri Kegiatan Hari Lapang Tani dengan melakukan panen perdana…

Featured-Image
Bupati Balangan H Ansharuddin bersama Dandim 1001 Amuntai/Balangan, Forkopimda, Camat Halong, Kepala Desa dan Kelompok Tani setempat dalam panen perdana jagung Hibrida di Kecamatan Halong, Selasa (09/07/2019). Foto-apahabar.com /Agus Suhadi

bakabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin, menghadiri Kegiatan Hari Lapang Tani dengan melakukan panen perdana Jagung Hibrida di Desa Padang Raya, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Selasa (09/07/2019).

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Dandim 1001 Amuntai/Balangan, Forkopimda, Camat Halong, Kepala Desa, dan ketua serta anggota dari 95 kelompok tani setempat.

Kepala Dinas Pertanian Balangan, Rahmadi SPt MS menjelaskan, pada tahun ini melalui anggaran APBN 2019, Kementerian Pertanian telah memberikan alokasi pengembangan jagung hibrida melalui kegiatan perluasan areal tanam baru jagung seluas 5000 hektar, yang lokasinya tersebar pada 4 kecamatan dari total 8 kecamatan.

"Luas lahan yang menjadi panen perdana hari ini (kemarin, red), yakni seluas 4355 HA yang dikelolah oleh Kelompok tani yang ada di Kecamatan Halong," ungkap Rahmadi.

Sementara itu, Bupati Balangan, Ansharudin mengucapkan syukur atas keberhasilan yang di raih. Ia berharap kedepannya, produksi jagung Hibrida khususnya di Balangan, bisa lebih meningkat lagi.

"Hasilnya sangat memuaskan, sekitar 50 ton dan ini bisa menambah penghasilan petani. Selain itu peningkatan produksi jagung ini diharapkan dapat mempengaruhi sektor lainnya seperti usaha perkebunan karet, tanaman padi dan berbagai jenis lainnya," harap Ansharuddin.

Sesuai permintan petani tentang pengadaan pupuk, pompa air dan alat pertanian, ini akan menjadi perhatian pihaknya terkhususnya Dinas Pertanian. Nantinya, kata Ansharudin Pemkab akan mempersiapkan permintaan petani tersebut.

Baca Juga: Warga 'Himung' Rumahnya Bakal Dibedah

Baca Juga: BPJS Kesehatan Barabai Rekonsiliasi Data Kepesertaan TNI -POLRI

Baca Juga: Program TMMD di Banjarmasin Sasar 979 Meter Jalan dan 13 Jembatan

Baca Juga: Rumah Nenek Sebatang Kara Selesai Dibedah, Kapolres Tapin Serahkan Kunci

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner