Kalsel

Harganas, Ibnu Sina Cerita Pentingnya Figur Ayah

apahabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina curhat sebagai sosok ayah melalui kegiatan peningkatan peran…

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Foto-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina curhat sebagai sosok ayah melalui kegiatan peningkatan peran ayah dalam pengasuhan di Balai Kota Banjarmasin, Jumat (5/7).

Hal itu dilakukan pada rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019.

“Sosok ayah perannya cukup besar, jika ibu kepala rumah tangga, maka ayah kepala keluarga yang harus bekerja sama. Ibaratnya mendayung kapal menuju pulau harapan, nahkoda ada, mengurus dapur juga ada, itu adalah sebuah hakikat kecil hubungan keluarga,” terangnya.

Baca Juga: Harganas XXVI, Eratkan Kekeluargaan lewat One Day for Children

Menurut Ibnu, Harganas terkonsep untuk menghormati peran ayah, karena ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga dan menjaga kehormatan keluarga, agama dan negara Indonesian yang dicintainya.

Makanya lahirnya anak yang berperilaku baik, pastinya berasal dari keluarga bahagia.

Demikian tak lepas dari sosok hangat sang ayah. Oleh karena figur ayah sangat ditonjolkan untuk mengangkat tumbuh kembang anak dalam berperilaku sehari hari.

“Jika anak lelaki melihat figur ibu sebagai pengganti ayah maka dia akan menjadi lemah gemulai, dan tidak mengetahuinya bagaimana caranya memimpin rumah tangga,” pungkasnya.

Menurutnya lagi, sosok ayah juga harus ditopang figur ibu rumah tangga sehingga keharmonisan dari keduanya bisa memberikan pengalaman bagi anak menghadapi masa depannya kelak.

Demikian pula agar anak tidak merasa kurang kasih sayang, karena ayah dan ibu selalu hadir disisinya.

“Itu menjadi kenangan yang baik sehingga mereka bisa membimbing anak anaknya dan kehilangan figur anaknya,” bebernya.

Baca Juga: Sukseskan Harganas, Polresta Banjarmasin Meningkatkan Patroli

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner