Kalsel

Habar Haji 2019; Suhu Hingga 50 Derajat Celcius, CJH Kalsel Terus Dipantau

apahabar.com, BANJARBARU – Suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai 50 derajat celcius, namun sampai saat ini…

Featured-Image
Calon jemaah haji asal Indonesia. Foto-viva

bakabar.com, BANJARBARU – Suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai 50 derajat celcius, namun sampai saat ini kondisi Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Banjarmasin terpantau masih dalam kondisi baik dan sudah berada di Mekkah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muslim mengungkapkan dari monitoring kondisi para calo haji di Arab Saudi, tidak ada laporan yang mengkhawatirkan.

“Sementara dari hasil laporan ini terpantau dalam kondisi baik. Memang ada yang sakit karena beberapa faktor, seperti usia dan cuaca, tetapi pelayanan di sana tetap optimal,” ujarnya kepadabakabar.com.

Diakui Muslim, penyakit yang menjadi hambatan di sana seperti batuk, hipertensi, dan faktor kelelahan. Namun, sudah mendapat penanganan dan tidak mengganggu dalam melanjutkan ibadah.

“Penyebabnya adalah 60 persen jemaah Indonesia Lansia (lanjut usia), 40 persen mengalami dehidrasi, hipertensi, ada masalah jantung juga, tapi masih amanlah itu. Karena itu dilakukan pemantauan atau penyadaran kepada para jemaah untuk melakukan pemeriksaan,” paparnya.

Muslim menyatakan proses pelaksanaan ibadah sudah diatur dengan baik sejauh ini.

Karena cuaca yang cukup ekstrim di Arab Saudi, lanjut Muslim, yakni panas hingga melebihi 40 derajat celcius dan diperkirakan akan mencapai puncaknya yaitu 50 derajat celcius maka diingatkan para calon jemaah haji untuk berhati-hati.

“Kita bekali 1 set pelindung diri setiap jemaah yang isinya ada masker, topi, alat penyemprot dan sekaligus untuk tempat minum juga,” ujarnya lagi

Para jamaah calon haji asal Kalsel diminta untuk banyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga diri dari dehidrasi akibat suhu yang tinggi sampai pada saat ibadah haji berlangsung.

“Kita punya 809 petugas kesehatan yang kita posisikan ada di daerah terpencil itu ada bidan, perawat, kesehatan dan gizi, yang siap sedia membantu disana” tandasnya.

Baca Juga:169 Calon Jemaah Haji Dilepas Bupati Kobar

Baca Juga: Satu Calon Jemaah Haji Batola Gagal Berangkat

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner