Nasional

Dari Rakerda Hipmi Kalsel, Mardani Tawarkan Investasi dan Dorong Pelaku UMKM

apahabar.com, BANJARMASIN – Calon Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi nomor urut 04 Mardani H…

Featured-Image
Calon Ketua Umum Badan Pusat Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) nomor urut 04 Mardani H Maming menghadiri Rakerda dan Diklatda Silaturahmi Daerah BPD Hipmi Kalsel, Senin (8/7) siang. Foto-apahabar.com/Rifad

bakabar.com, BANJARMASIN – Calon Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi nomor urut 04 Mardani H Maming menawarkan investasi, serta mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banua. Itu Mardani sampaikan dalam kunjungan ke Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kalsel.

“Hipmi ini kan kumpulan pengusaha muda, yang memiliki jaringan pengusaha skala Internasional,” ucap Mardani kepada awak media, Senin (8/7) sore.

Baca Juga: Hadiri Rakerda di Kalsel, Caketum Hipmi Mardani H Maming Minta Restu

Mantan Bupati Tanah Bumbu ini mengajak pengusaha nasional dan internasional untuk berinvestasi di Kalsel. Bukan hanya di sektor pertambangan, tapi juga sektor pariwisata, bekerja sama dengan para pengusaha daerah.

“Sehingga pengusaha daerah semakin berkembang, karena sudah bekerja sama dengan pengusaha nasional,” cetus ketua umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu.

Kemudian, kata dia, sinkronisasi antara pengusaha nasional, internasional dan daerah bisa berkesinambungan, sehingga tak ada dampak sosial di masyarakat.

Terkait UMKM, sambung dia, harus diperhatikan oleh pemerintah. Mengingat, dahulu terdapat pinjaman dari pemerintah dengan bunga 12 persen menjadi 7 persen.

Pemerintah sudah tiga kali menurunkan suku bunga KUR untuk nasabah. Penurunan pertama dilakukan pada 2015. Saat itu, bunga KUR ditetapkan sebesar 12 persen turun dari sebelumnya yang 22 persen.

Penurunan kedua, dilakukan dari 12 persen menjadi menjadi 9 persen pada 2016 sampai 2017. Penurunan ketiga, dari 9 persen menjadi 7 persen dilakukan pada 2018 sampai sekarang.

Ia menyarankan kepada pemerintah kabupaten dan presiden, agar setiap kepala daerah memberi deposito kepada bank sebanyak Rp 20 miliar, yang mana bunga deposito itu sebesar 7 persen. Kemudian, mendapatkan kredit UMKM sebesar 7 persen.

“Padahal bukan hanya 7 persen, tapi bisa juga zero persen. Apabila bisa disubsidikan antara deposito pemerintah daerah dan bunga kredit dari bank,” tegasnya.

Dengan segudang gagasan dan program, Mardani optimistis menduduki kursi ketua umum BPP Hipmi 2019-2022. Terbukti, dengan diperolehnya rekomendasi 22 BPD HIPMI se-Indonesia. Termasuk Kalimantan Selatan.

“Sebagai pengusaha yang berjiwa tak neko-neko, saya optimis. Semoga komitmen ini tak berubah hingga akhir pemilihan nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Ketua BPD HIPMI Kalsel Hamdillah mengungkapkan, mendukung bulat Caketum BPP HIPMI Mardani H Maming.

“Sebagai putera daerah, saya merasa bangga atas pencalonan Mardani H Maming. Mulai besok kita akan road show ke seluruh Kalimantan,” tandasnya.

Sebelumnya, Mardani H Maming menghadiri Rakerda dan Diklatda Silaturahmi Daerah BPD Hipmi Kalsel, Senin (8/7) siang.

Pada kesempatan itu, Mardani meminta restu kepada seluruh BPC dan BPD Hipmi se-Kalsel terkait pencalonannya itu.

Baca Juga: Aklamasi, Mardani H Maming Kembali Nahkodai DPD PDIP Kalsel Masa Bakti 2019-2024

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner