Sport

Alasan Yunan Andalkan Satu Pemain Asing di Babak Pertama Melawan PSIS

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat menghadapi PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Minggu (30/06/2019) tadi, pelatih Yunan…

Featured-Image
Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi. Foto-Instagram.

bakabar.com, BANJARMASIN – Saat menghadapi PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Minggu (30/06/2019) tadi, pelatih Yunan Helmi melakukan keputusan berani. Yakni hanya memasang satu pemain asing di babak pertama.

Yakni hanya mengandalkan Lucas Silva, tanpa menurunkan Arthur Vieira dan Rafael Silva. Bahkan posisi Lucas tak sebagai bek tengah, melainkan gelandang bertahan di laga tersebut.

Berbeda dengan pelatih Jacksen F Tiago yang menurunkan tiga pemain asing sekaligus dalam empat laga Barito di Shopee Liga 1 2019. Dan posisi Lucas waktu itu diplot sebagai bek tengah.

Menganai hal ini Yunan punya alasan tersendiri. Ia mengungkap bukan berarti tidak percaya akan kemampuan pemain asingnya, tapi lebih melihat kesiapan sang pemain. “Kami berprinsip siapa yang siap dan dalam kondisi bagus, itu yang akan bertanding,” kata Yunan dikutip dari laman resmi klub.

Yunan sendiri baru menurunkan Rafael Silva di babak kedua tepatnya di menit ke-62. Striker asal Brasil yang sudah mengoleksi dua gol di Liga 1 2019 ini masuk menggantikan Samsul Arif Munif. Sebaliknya, Arthur Vieira malah tak mendapat kesempatan sama sekali.

Untungnya, Barito sukses mencuri poin dengan menahan imbang Laskar Mahesa Jenar 0-0. Kendati pada laga itu minim peluang, setidaknya Rizky Pora dkk berhasil menahan gempuran serangan pasukan Jafri Sastra tersebut selama 90 menit lebih.

“Saya hanya bertanya kepada pemain, apakah mereka siap dan punya keinginan meraih poin di sini. Semua menjawab siap,” ungkap Yunan.

Baginya itu sudah cukup. Mengingat, lanjut Yunan, semua taktikal dan strategi yang diberikan tidak ada artinya jika pemain tidak punya keinginan untuk berjuang.

Hasil imbang 0-0 pun kata Yunan sudah cukup. Yang terpenting menurutnya hasil tersebut dapat mengembalikan kepercayaan diri anak asuhnya. Ia pun berharap ketika meladeni Perseru Badak Lampung FC di Stadion Sumpah Pemuda, Jumat (05/07/2019) nanti dapat kembali meraih hasil positif.

“Mudah-mudahan ini jadi awal kebangkitan bagi kami, dan semoga di laga selanjutnya bisa bermain lebih bagus,” kata Yunan.

Senada dengan Dandi Maulana Abdulhak juga bersyukur timnya bisa meraih satu poin. Sekali pun, menurut Dandi, di laga itu Barito seharusnya mampu mengakhirinya dengan kemenangan.

“Kami, semua pemain bersyukur dengan hasil ini, karena otomatis kepercayaan diri kami meningkat. Seharusnya kita bisa meraih poin 3, tapi saya dan kawan-kawan janji akan berusaha lebih baik lagi laga selanjutnya,” timpal Dandi.

Baca Juga: Usai Curi Poin dari PSIS, Barito Lanjut TC di Yogyakarta

Baca Juga: PSIS vs Barito 0-0, Yunan Helmi Dapat Bernafas Lega

Reporter: Ahc02
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner